Gembiranya Jokowi Main Gobak Sodor Bareng Anak-anak

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 04 Mei 2018 20:52 WIB
Jokowi bermain gobak sodor bareng anak-anak (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Menteri Sosial Idrus Marham mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermain permainan tradisional bersama anak-anak di Istana hari ini. Dari semua permainan, Idrus menyebut Jokowi menikmati permainan gobak sodor.

"Ya saya kira itu main gobak sodor. Itu kan luar biasa, dengan suatu kegembiraan, olahraga juga, itu ada kebersamaan. Dan yang terpenting ada kejujuran, sportivitas. Ketika kita kena, ah kena, langsung dengan kesadaran sendiri ketawa, langsung dengan kesadaran sendiri berhenti," ujar Idrus di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (4/5/2018).


Lantas, Idrus menganalogikan permainan tradisional ke kancah politik. Politikus Golkar ini mengambil makna sportivitas dalam pertandingan.

Jokowi main bersama anak-anak di IstanaJokowi main bersama anak-anak di Istana Foto: Jokowi dan sejumlah menteri main bareng anak-anak (Dhika-detikcom)

"Misalkan di permainan politik, kalau ada yang ini (salah), jujur, ada sportifitas, ada mengakui kelebihan orang, kemudian mengakui kalau orang sukses. Tidak boleh ada budaya-budaya senang melihat orang gagal dan tidak senang melihat orang sukses," kata Idrus.


Idrus berharap elite politik mengambil nilai-nilai kejujuran. Menurutnya, diperlukan komunikasi yang sejuk antarpolitikus.

"Kita ingin di dalam komunikasi elite-elite politik yang ada betul-betul ada persahabatan, ada kesetiakawanan sosial, ada positif thinking, kemudian ada sportifitas, ada kreativitas, ada kebersamaan. Kan ini semua penting," ucapnya. (dkp/haf)