DetikNews
Jumat 04 Mei 2018, 11:51 WIB

Obat Kuat Tanpa Izin Edar Diamankan di Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Obat Kuat Tanpa Izin Edar Diamankan di Riau Ilustrasi (dok.detikcom)
Pekanbaru - Polsek Ukui, di Pelalawan, Riau mengamankan sejumlah obat dan kosmetik tanpa izin edar. Sebagian barang bukti tersebut berasal dari China.

"Kita mengamankan obat dan kosmetik tanpa izin edar dari apotek yang ada di Ukui," kata Kapolsek Ukui, AKP Amriadi dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (4/5/2018).

Amriadi menjelaskan, pihaknya melakukan razia tersebut atas keterangan dari masyarakat. Di mana disebutkan, adanya apotek di pasar Ukui yang menjual obat-obatan tanpa ada lebel dari POM RI.

Obat yang disita ini, kata Amriadi, berbagai macam jenis. Ada obat kuat untuk pria yang berasal dari China. Sebagian lagi obat-obatan produksi dalam negeri serta kosmetik.

"Obat dan kosmetik yang diperjualbelikan tidak memenuhui atau tidak sesuai dengan ketentuan perundangan," kata Amriadi.

Barang bukti yang disita, di antaranya, kosmetik merek Dolby sebanyak 68 kotak, Natural 99 sebanyak 60 kotak, HL Pikang Wang, 7 kotak. Obat kuat untuk pria merek Love Berry 4 kotak.

Ada lagi obat kuat pria merek Lintah Hitam Papu, 10 kotak, Afrika Black 12 kota, pil Tupai Jantan Asli 13 pack. Diperkirakan barang bukti yang di sita lebih dari 600-san kotak obat dan kosmetik.

"Pasal yang kita kenakan UU Perlindungan Konsumen dan UU Kesehatan," kata Amriadi.
(cha/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed