Brunei Sepakat Beli Senjata dan Tank Anoa dari Indonesia

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 03 Mei 2018 20:31 WIB
Presiden Jokowi bersama Sultan Brunei Darussalam Sultan Haji Hassanal Bolkiah. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Diplomasi Presiden Joko Widodo dengan Sultan Brunei Darussalam Sultan Haji Hassanal Bolkiah juga menyinggung pembelian alutsista buatan Indonesia. Jokowi menawarkan pesawat CN-235 buatan PT Dirgantara Indonesia kepada Sultan.

"Kita juga tadi menawarkan kapal, beliau tadi menyampaikan masih dihitung-hitung dulu. Kita juga menyampaikan untuk pembelian pesawat CN, beliau menyampaikan kita masih dihitung-hitung dulu. Tadi sudah langsung dipanggil menterinya," kata Jokowi di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (3/5/2018).

Selain itu, Brunei disebut sepakat untuk membeli tank Anoa dan senjata dari PT Pindad. "Iya, tadi sudah dalam proses dan memang kita sudah perintahkan untuk segera diproses mengenai pembelian yang ada di Pindad. Baik berupa senjata maupun tank Anoa," jelas Jokowi.


Jokowi tak memerinci jenis senjata apa yang dibeli Brunei. Yang jelas, menteri dari Brunei sudah mengurus pembelian senjata itu.

"Nanti ditanyakan saja. Kan menterinya, yang beliau juga tidak sedetail itu," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Sultan Bolkiah ikut menghadiri acara pertunjukan kemampuan khusus anggota TNI di Mabes TNI. Selain menyaksikan pertunjukan, Jokowi mengajak Sultan meninjau pameran alutsista.

"Tapi yang sudah jelas, tadi adalah dengan Pindad untuk senjata dan tank Anoa," imbuh Jokowi. (dkp/dhn)