detikNews
Kamis 03 Mei 2018, 17:52 WIB

Melihat Kondisi Waduk Pluit Terkini

Eva Safitri - detikNews
Melihat Kondisi Waduk Pluit Terkini Sisi utara Waduk Pluit, Penjaringan, Jakut, Kamis (3/5/2018) Foto: Eva Safitri-detikcom
Jakarta -

Waduk Pluit masih terus dipercantik. Pengerukan waduk Pluit di sisi barat masih dilakukan untuk pengembangan potensi wisata air.

"Rencananya ini akan jadi tempat wisata semua. Jadi nantinya juga akan dikeruk seperti yang di taman waduk Pluit," ujar Koordinator Water Treatment Plant Waduk Pluit, Ahmad saat ditemui di lokasi, Kamis (3/5/2018).

Pengerukan menurut Ahmad akan dilakukan sedalam 10 meter. Namun saat ini, sisi barat waduk, baru dikeruk dengan kedalaman 3 meter.


Sisi utara Waduk Pluit, Penjaringan, Jakut, Kamis (3/5/2018)Sisi utara Waduk Pluit, Penjaringan, Jakut, Kamis (3/5/2018) Foto: Eva Safitri-detikcom

Kondisi waduk Pluit menurutnya normal. Gundukan yang terlihat di waduk sisi utara, menurut Ahmad, hal biasa. Wilayah yang terlihat gundukan tanah berada di kawasan yang belum dikeruk.

"Memang waduk Pluit itu selalu dijaga debit airnya. Malah sebelumnya pernah kering di bagian itu, jadi nggak kelihatan air. (Kondisi saat ini) itu bagus dalam artian masih kelihatan air," sambungnya.

"Ini normal, sudah biasa. Waduk ini memang dijaga level debitnya itu selalu minus 180 cm di bawah permukaan laut, karena ini diharapkan jadi pintu terakhir dari penampungan air apabila Jakarta banjir," jelas Ahmad.

Sisi utara Waduk Pluit, Penjaringan, Jakut, Kamis (3/5/2018)Sisi utara Waduk Pluit, Penjaringan, Jakut, Kamis (3/5/2018) Foto: Eva Safitri-detikcom



(fdn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com