Gempa Dangkal 3,3 SR Guncang Gunung Salak, Warga Diimbau Tenang

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Rabu, 02 Mei 2018 22:38 WIB
Gunung Salak (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 3,3 SR mengguncang wilayah sekitar Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Banyak warga merasakan guncangan gempa ini.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi pukul 18.11 WIB, Rabu (2/5/2018). Pusat gempa berlokasi pada jarak 27 km arah barat daya dari Kota Bogor di kedalaman 14 km.



"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di sekitar Gunung Salak, Bogor, dalam skala intensitas II MMI. Banyak warga sekitar Gunung Salak yang merasakan guncangan gempa ini," kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom.

Menurut Daryono, ini merupakan gempa dangkal akibat sesar lokal jika ditinjau dari hiposenternya. Sementara itu, jika ditinjau dari episenternya, gempa berada di zona Sesar Citarik.



"Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," imbuh Daryono.

BMKG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Salak tetap tenang. Hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini. (bag/bag)