DetikNews
Rabu 02 Mei 2018, 18:50 WIB

Anggota KPPU: Pelantikan oleh Presiden Baru Pertama Kali

Ray Jordan - detikNews
Anggota KPPU: Pelantikan oleh Presiden Baru Pertama Kali Jokowi melantik Komisioner KPPU (Jordan/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 9 anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk masa jabatan 2017-2022. Anggota KPPU yang dilantik mengaku senang karena baru pertama kali KPPU dilantik langsung oleh presiden.

"Pertama, kami harus mengucapkan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia. Karena dalam sejarah berdirinya KPPU, sudah 3 angkatan, ini angkatan keempat baru dilantik oleh Presiden Republik Indonesia. Ini sejarah bagi KPPU menunjukkan penghargaan negara terhadap eksistensi kepada KPPU," ujar anggota KPPU Chandra Setiawan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/5/2018).


Terkait dengan kinerja KPPU, Chandra mengatakan KPPU akan berusaha bersinergi dengan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian, dalam konteks ketahanan pangan. Jadi, kehadiran KPPU bisa dirasakan masyarakat, khususnya dalam hal menjaga situasi yang kondusif bagi pelaku usaha, baik besar, menengah, kecil, maupun mikro.

"Dan juga yang terpenting kita berusaha agar persaingan usaha ini bukan sesuatu yang menakutkan. Jadi kami berusaha betul-betul ingin menyosialisasikan sehingga efisiensi nasional bisa tercapai. Dengan demikian bangsa kita bisa bersaing bukan hanya dalam negeri, tetapi juga bangsa-bangsa yang lain," jelasnya.

Sementara itu, anggota KPPU lainnya, Kurnia Toha, juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas pelantikan dirinya. Dia menilai langkah Jokowi tersebut sangat tepat.

"Karena sebelumnya komisioner belum ada yang dilantik. Tugas KPPU adalah bagaimana menjaga supaya perekonomian kita berjalan secara efisien," katanya.

Kurnia juga mengatakan dia dan anggota KPPU lainnya mendapatkan tugas mengawasi dan menegakkan kebijakan persaingan usaha. Sedangkan kebijakan tersebut ada di kementerian atau instansi pemerintah lainnya.

"Oleh karena itu, kita harapkan ke depan kita bisa bersinergi dan kerja sama menciptakan perekonomian yang efisien, mendorong supaya pelaku usaha kita maju dan menang bersaing bukan hanya tingkat nasional tetapi juga global," katanya.

Kesembilan anggota KPPU yang dilantik tersebut adalah:

1. Dr H Afif Hasbullah, SH, MHum
2. Dr. Drs. Chandra Setiawan, MM, PhD
3. Dinni Melanie, SH, ME
4. Dr. Guntur Syahputra Saragih, MSM
5. Harry Agustanto, SH, MH
6. Kodrat Wibowo, SE, PhD
7. Kurnia Toha, SH, LLM, PhD
8. Ukay Karyadi, SE, ME
9. Yudi Hidayat, SE, MSi
(jor/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed