Pekerja Tewas Terperosok Gorong-gorong, Sandiaga Panggil Palyja

Indra Komara - detikNews
Rabu, 02 Mei 2018 09:47 WIB
Sandiaga Uno/Foto: Muhammad Fida/detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan memanggil PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA) terkait pekerjanya yang tewas terperosok di gorong-gorong di Jakarta Utara. Pemanggilan tersebut untuk mengevaluasi kecelakaan kerja yang terjadi Selasa (1/5) malam.

"Saya akan memanggil Kepala Dinas Ketenagakerjaan untuk melakukan evaluasi, memanggil pihak Palyja dan kontraktornya untuk memastikan, satu ini akan dievaluasi dan investigasi," kata Sandi di Monas, Jakarta Pusat, Ravu (2/5/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Pemanggilan tersebut direncanakan hari ini. Sandi juga mengatakan akan ada sanksi yang diberikan akibat tewasnya Tarno (42) yang tertimbun longsor saat bekerja.

"(Pamanggilan) Hari ini. (Sanksi) Harus sesuai dengan ketentuan," tutur Sandi.

Dalam kecelakaan ini Sandi menyampaikan belasungkawa. Dia juga berharap kontraktor bisa menginstruksikan para pekerjanya untuk mengedepankan keselamatan dan kesehatan kerja.



"Saya mendapatkan kabar tadi pagi Subuh sebelum malamnya juga saya diberikan kabar bahwa kami sangat prihatin, sangat berbelasungkawa seperti yang kita sampaikan sebelumnya adalah bahwa kita harus memastikan keselamatan dan kesehatan kerja dan ini untuk kontraktor yang ada di wilayah Jakarta," ujar Sandi.

"Sepertu diketahui Palyja dan kontraktornya itu sudah melakukan kegiatan ini selama berbelas-belas, berpuluh tahun mungkin. Sudah saatnya memastikan keselamatan kerja itu, bukan hanya yang ditulis safety first tapi merupakan hal yang kita lakukan dalam keseharian kita," sambungnya.

Sandi menambahkan, Pemprov akan memastikan bahwa keluarga korban akan mendapat pelayanan.

"Untuk keluarganya kami mengucapkan belasungakawa dan kami pemerintah provinsi nanti akan berpartisipasi dan memfasilitasi agar keluarga yang ditinggalkan mendapat pelayanan yang terbaik," jelasnya. (idn/fjp)