Jokowi Dukung Penuh Perdamaian Korsel dan Korut

Ray Jordan - detikNews
Senin, 30 Apr 2018 16:17 WIB
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi pertemuan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dengan Presiden Korea Utara Kim Jong-un yang terjadi pekan lalu. Jokowi menegaskan dukungannya pada pertemuan itu yang berujung pada perdamaian kawasan semenanjung Korea.

"Sangat mendukung proses perdamaian yang ada dan tadi juga disampaikan mengenai tindak lanjut dari proses pertemuan Presiden Korsel dan Presiden Korut pada minggu yang lalu," kata Jokowi usai bertemu Dubes Korsel dan Dubes Korut di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (30/4/2018).


Jokowi juga menegaskan Indonesia mendukung agar pertemuan kedua pemimpin negara tersebut bisa berlanjut dalam bentuk kesepakatan. "Yang nantinya kita harapkan berdampak pada proses perdamaian di kawasan kita, dan tentu saja di seluruh dunia," kata Jokowi.

Dalam pertemuan itu, menurut Jokowi, para dubes mengatakan akan ada tindak lanjut dari pertemuan antara Moon Jae-in dan Kim Jong-un. Rencananya akan ada pertukaran keluarga yang dulu terpisah.

"Baik nantinya pertukaran keluarga yang terpisah dan kemudian juga proses dalam pembangunan kantor untuk penghubung dari komunikasi dari Korsel dan Korut," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan dengan terjadinya perdamaian antara Korea Utara da Korea Selatan maka kondisi di kawasan semenanjung Korea dan Asia umumnya akan menjadi lebih sejuk, yang berdampak pada perekonomian.

"Artinya kawasan kita ini menjadi lebih sejuk, menjadi lebih dingin dan kita bisa berkonsentrasi semuanya pada pembanguna fisik maupun pembangunan ekonomi," katanya.

Dalam pertemuan dengan kedua dubes itu, Jokowi meminta partisipasi yang besar baik Korea Selatan maupun Korea Utara untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Saya juga mengundang untuk partisipasinya secara besar-besaran dalam Asian Games bulan Agustus di Jakarta dan Palembang," kata Jokowi. (rjo/aan)