Jokowi Siap Jadi Mediator Pertemuan Kim Jong-Un dan Donald Trump

Ray Jordan - detikNews
Senin, 30 Apr 2018 15:25 WIB
Foto: Laily Rachev-Biro Pers Setpres
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung rencana pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Presiden Korea Utara Kim Jong-Un. Bahkan Jokowi menegaskan siap menjadi mediator.

Hal itu disampaikan Jokowi setelah menerima Duta Besar Korea Selatan Kim Chang-beom dan Duta Besar Korea Utara An Kwang Il di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (30/4/2018). Keinginan untuk bisa memediasi pertemuan itu disampaikan langsung oleh Jokowi ke kedua dubes tersebut.

"Di dalamnya tadi kami menawarkan apabila ada rencana pertemuan Presiden Kim Jong-Un dan Presiden dan Donald Trump, Indonesia juga tawarkan. Kami sampaikan Indonesia siap jadi tuan rumah bagi pertemuan itu," kata Jokowi.


Tapi, kata Jokowi, niat baik Indonesia ini harus disampaikan lebih dulu ke kedua belah pihak yang hendak bertemu.

"Tapi sampaikan ke sana terlebih dahulu," katanya.


Jokowi juga mengapresiasi pertemuan Presiden Moon Jae-In dengan Kim Jong-Un pada pekan lalu. Pertemuan itu berdampak baik bagi perdamaian di kawasan Semenanjung Korea.

Donald Trump sudah bicara soal peluang pertemuan dirinya dengan Kim Jong-Un. Trump mengatakan pertemuan tersebut bisa saja terjadi dalam dua atau tiga minggu ke depan.

Hal tersebut disampaikan Trump dalam sebuah kampanye di Michigan, Sabtu (28/4). Dia mengatakan pertemuan itu akan menjadi pertemuan terpenting.


"Saya pikir kita akan mengadakan pertemuan selama tiga atau empat minggu ke depan," kata Trump seperti yang dilansir Reuters, Minggu (29/4).

"Ini akan menjadi pertemuan yang sangat penting, denuklirisasi Semenanjung Korea," tambahnya. (jor/gbr)