DetikNews
Senin 30 April 2018, 09:59 WIB

Pakai Sepeda Motor, Sri Susuri Pelosok Riau Cegah Tuberkulosis

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Pakai Sepeda Motor, Sri Susuri Pelosok Riau Cegah Tuberkulosis Sri berkeliling pelosok di Riau mencegah TB. (chaidir/detikcom)
Pekanbaru - Tenaga kesehatan dari Puskesmas Teluk Meranti, Pelalawan, Riau, Sridayati (35), berkeliling jemput bola khusus menangani pasien penyakit tuberkulosis (TB) atau dulu dikenal sebagai TBC. Inovasinya membuat posko TB berjalan mendatangi pasien meraih penghargaan di tingkat provinsi.

"Puskesmas Teluk Meranti di tempat kita meraih penghargaan dari Dinas Provinsi Riau dalam inovasi penanganan pasien TB pekan lalu," kata Bupati Pelalawan M Harris dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (30/4/2018).

Harris menjelaskan lokasi Puskesmas Teluk Meranti berada di paling ujung Kabupaten Pelalawan. Transportasi warga di sana, selain menggunakan jalur darat, menggunakan jalur sungai.

"Petugas puskesmas kita ini memegang program penanganan pasien TB. Tapi petugas kita tidak menunggu di puskesmas, melainkan jemput bola ke kampung-kampung dengan sepeda motor untuk penanganan pasien TB," kata Harris.

Di bagian belakang sepeda motor yang digunakan Sridayati dipasangi boks. Di dalam boks yang berbentuk bak jualan es krim itu, ada obat-obatan serta data administrasi.

"Masyarakat kita ini kan masih banyak yang enggan untuk cek kesehatan, terutama dugaan TB. Sehingga tenaga medis kita ini melakukan inovasi untuk mendatangi dari rumah ke rumah, khusus untuk penyakit TB," kata Harris.

Petugas kesehatan tadi mendatangi setiap rumah warga, terutama yang menderita batuk tak kunjung sembuh. Sridayati akan mengecek dahak pasien. Dari sana akan diberikan obat-obatan. Nantinya akan cek kembali apakah pasien tersebut terkena TB atau tidak.

"Kita sangat mengapresiasi kerja tenaga puskesmas di Teluk Meranti ini. Insyaallah inovasi penanganan pasien TB ini akan kita ikut sertakan dalam inovasi tingkat nasional," kata Harris.
(cha/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed