Massa Buruh Gelar Aksi di Bundaran Patung Kuda, Tak Ganggu Lalin

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 28 Apr 2018 13:23 WIB
Demo buruh di kawasan Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Acara bagi-bagi sembako digelar di Monas, Jakarta Pusat, hari ini dan menyebabkan lalin padat di sekitar lokasi. Selain acara tersebut, rupanya ada juga demo massa buruh di trotoar Bundaran Patung Kuda.

Massa buruh dari Komisi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) itu mengadakan unjuk rasa untuk memperingati hari IWMD (International Worker's Memorial Day) di bundaran patung Kuda Arjuna Wiwaha Jl Merdeka Barat.

"Tema yang kita ambil hari ini untuk mengenang para buruh yang tewas saat bekerja," kata Ketua Departemen Pengembangan KPBI Khamid Istakhori kepada detikcom di lokasi, Sabtu (28/4/2018).

"Akan hadir dari KPBI di seluruh wilayah Jakarta, dan kita juga didukung oleh lembaga K3, kawan kawan korban tewasnya buruh, serta dari mahasiswa," imbuhnya.


Khamid menjelaskan aksi ini juga sebagai bentuk protes kepada pemerintah yang masih sering mengabaikan keselamatan kerja para buruh.

"Bentuk real dari unjuk rasa ini adalah untuk meminta kepada Pemerintah agar semua buruh di seluruh Indonesia diberikan fasilitas BPJS keselamatan kerja dan untuk permintaan jangka panjang agar pemerintah merevisi undang undnag nomor 1 tahun 70 soal keselamatan kerja," ujar Khamid.

Massa buruh yang melakukan aksi di trotoar itu tampak tak mengganggu lalu lintas di sekitar lokasi. Sebelumnya di kawasan ini sempat dibuat macet oleh warga yang hendak menuju acar bagi-bagi di Monas.

(rna/rna)