Bertemu Ketua MPR, Ketua KPK Minta Dukungan Revisi UU Tipikor

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 27 Apr 2018 16:21 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan melakukan pertemuan dengan Ketua KPK Agus Rahardjo di gedung MPR, Jakarta. (Marlinda/detikcom)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan melakukan pertemuan dengan Ketua KPK Agus Rahardjo di gedung MPR, Jakarta. Selain membahas Festival Konstitusi dan Antikorupsi, dalam pertemuan ini KPK juga meminta dukungan penyempurnaan UU Tindak Pidana Korupsi.

"Banyak peraturan perundang-undangan yang semestinya juga kita sempurnakan. Nah, salah satunya tadi kita juga sudah mohon dukungan, kita pengin UU Tipikor disempurnakan," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo dalam jumpa pers di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Agus menilai masih adanya gap antara UN Convention against Corruption dan UU Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999. Gap tersebut tampak di berbagai sektor, seperti terkait pihak swasta, perdagangan pengaruh, dan persoalan memperkaya diri sendiri secara tidak sah.

"Ini penting tentunya kalau itu juga dimasukkan ke dalam UU Tipikor kita," katanya.


Selain itu, Agus mendorong MPR mendukung usulan UU Pemberantasan Transaksi Menggunakan Uang Tunai yang digagas Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Menurutnya, UU tersebut sangat penting dalam pencegahan korupsi di Indonesia.

"Karena yang namanya suap selalu menggunakan uang tunai. Nah, biasanya suap lewat perbankan kan gampang dideteksi oleh PPATK. Kita harapkan, kalau UU itu keluar, insyaallah dapat memperkuat usaha-usaha kita untuk membawa bangsa kita ini ke arah yang lebih baik," tuturnya.

Dalam pertemuan ini, hadir Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dan Rektor Universitas Sumatera Utara Rentung Sitepu. Pertemuan ini dalam rangka membahas Festival Konstitusi dan Antikorupsi, yang akan digelar pada 14-15 Mei 2018 di Universitas Sumatera Utara. (nvl/nvl)