DetikNews
Jumat 27 April 2018, 16:06 WIB

USU Jadi Tuan Rumah Festival Konstitusi dan Antikorupsi Ke-3

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
USU Jadi Tuan Rumah Festival Konstitusi dan Antikorupsi Ke-3 Foto: Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, saat jumpa pers di Kompleks Parlemen, Senayan (Marlinda-detikcom)
Jakarta - Universitas Sumatera Utara (USU) didaulat menjadi tuan rumah Festival Konstitusi dan Antikorupsi. Festival yang merupakan kerjasama antara KPK, MPR, MK dan perguruan tinggi ini akan digelar pada tanggal 14-15 Mei 2018.

"Setiap tahun kita ada kerjasama, KPK, MPR, MK dan perguruan tinggi. Ini tahun ketiga. Kerjasama mengenai apa? Kerjasama mengenai festival konstitusi dan anti korupsi," ujar Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, saat jumpa pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

"Dua hal yang sangat penting dalam menentukan masa depan Indonesia. Yang pertama dulu di Sulawesi Selatan, Universitas Hasanuddin, kemudian yang kemarin Universitas Indonesia, dan tahun ini akan dilaksanakan di Universitas Sumatera Utara. Tanggal 14-15 Mei mendatang," lanjutnya.


Hadir dalam jumpa pers ini Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Ketua KPK Agus Rahardjo, dan Rektor USU Rentung Sitepu.

Zulkifli menjelaskan, Festival ini digelar dalam rangka untuk memperkuat konstitusi dan memperkuat dukungan terhadap pemberantasan korupsi di Indonesia. Baik di pusat, provinsi, kota/kabupaten, hingga desa.

"Jadi festival ini sangat penting untuk kokohnya NKRI," kata Zulkifli.

Ketua MK Anwar Usman menambahkan, festival ini berangkat dari pemahaman bahwa konstitusi dan kegiatan anti korupsi, terutama pemberantasan korupsi selalu berkaitan erat. Menurutnya konstitusi akan berdiri tegak bila korupsi dapat diberantas.

"Untuk itu peran media sangat dibutuhkan dalam mensosialisasikan apa yang dilakukan oleh KPK, MK, dan MPR, bersama USU," ujarnya.

Pada festival ini, nantinya akan digelar diskusi panel dan talk show terkait konstitusi dan korupsi. Festival ini juga akan dimeriahkan dengan pameran stand informasi dari lembaga-lembaga negara yang terlibat.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed