DetikNews
Jumat 27 April 2018, 08:47 WIB

Pencuri Berilmu Gendam Tipu Puluhan Orang di Palmerah

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pencuri Berilmu Gendam Tipu Puluhan Orang di Palmerah Pelaku penipuan gendam berkaos putih berjaket hitam (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Ali Khumaidi mengaku memiliki ilmu gendam sehingga bisa menipu puluhan orang di Palmerah, Jakarta Barat. Dia mengambil telepon seluler (ponsel) milik korban setelah korban terpengaruh ilmu tersebut.

"Dengan ilmu gendam, korban akan menurut dengan apa yang diperintahkan. Dia hanya tinggal menepuk pundak korban," ucap Kapolsek Palmerah Kompol Aryono dalam keterangannya, Jumat (27/4/2018).


Aryono mengatakan Ali mengaku sebagai salah satu pejabat perusahaan yang akan melakukan wawancara kepada calon pegawai. Menurut pengakuannya, sudah banyak orang yang berhasil ditipu olehnya.

"Pengakuan sudah sekitar 20 kali beroperasi. Dia meminta HP (handphone/ponsel) korban dengan alasan ingin menghubungi keluarga korban untuk keperluan wawancara," kata Aryono.

Ali sering menjalankan aksi penipuannya di area RS Dharmais, Palmerah Jakarta Barat. Aksinya pun terekam oleh CCTV tempat dia menipu korban.


"Polisi meminta kepada pihak keamanan untuk melapor jika bertemu dengan pelaku," kata Aryono.

Akhirnya, polisi mendapat laporan pelaku ada di RS Dharmais pada Kamis (26/4). Polisi pun langsung menuju lokasi untuk mengamankan pelaku.

"Akhirnya, pada Kamis (26/4), pelaku berhasil diamankan tanpa ada perlawanan. Saat ini sudah berada di Mapolsek Palmerah untuk pemeriksaan," ucap Aryono.
(aik/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed