Fakta Kasus Penghina Nabi yang Kini Ditangani Polisi

Aditya Mardiastuti - detikNews
Jumat, 27 Apr 2018 06:17 WIB
Rendra Hadi Kurniawan (Foto: Facebook)
Rendra Hadi Kurniawan (Foto: Facebook)
Sidoarjo - Pemilik akun Facebook Rendra Hadi Kurniawan yang dipolisikan karena dituduh menghina Nabi Muhammad SAW rupanya mengalami gangguan kejiwaan. Sejumlah fakta terungkap dari penangkapan Rendra.

Rendra dipolisikan GP Ansor ke Polresta Sidoarjo, Kamis (26/4/2018). Tak lama, polisi pun mengamankan Rendra dari rumahnya di Mojokerto. Menurut tetangga, Rendra diketahui sering melantur usai cerai dari istrinya.

Berikut fakta-fakta kasus Rendra yang dihimpun detikcom:

1. Dipolisikan karena Dinilai Hina Nabi Muhammad

Wakil Ketua GP Ansor Sidoarjo, Rachmad Muzayin, hinaan ke Nabi Muhamad SAW diunggah Rendra ke Facebook. Pernyataan tersebut dinilai sangat melukai hati umat Islam.

"Dalam unggahan di facebook, terlihat menghina Nabi Muhammad. Agar tidak menambah keresahan di masyarakat, kami sepakat melapor ke Polresta Sidoarjo," kata Rachmad kepada wartawan di SPKT Polresta Sidoarjo, Kamis (26/4).

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Muhammad Harris, membenarkan ada pelaporan terkait hal tersebut. Polisi akan menindaklanjuti. "Untuk data lengkap, kita sudah pegang dan akan segera dibuatkan pelaporannya. Selain itu, lokasi tempat tinggal rumahnya sudah diketahui," kata Harris.

Dalam unggahan, Rendra bicara sendiri menghadap kamera. Dia berada di dalam mobil. Pria berkumis dan jenggot tipis itu menghina Nabi Muhammad dan Habib Rizieq dengan menggunakan logat Jawa Timuran. Juga ada postingan lain. Dilihat dari cirinya, lokasi berada di rumah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3