DetikNews
Jumat 27 April 2018, 00:03 WIB

Anis Matta Ibaratkan RI Bak Mobil Besar, Sopir Tak Tahu Tujuan

Indra Komara - detikNews
Anis Matta Ibaratkan RI Bak Mobil Besar, Sopir Tak Tahu Tujuan Anis Matta (Foto: dok istimewa)
Jakarta - Anis Matta mengibaratkan Indonesia sebagai sebuah mobil besar. Namun, menurutnya, mobil besar tersebut berada di jalur lambat dan tak memiliki tujuan yang jelas.

"Bangsa Indonesia ini ibaratnya satu mobil besar yang CC-nya besar, sayangnya mobil ini jalannya di jalur lambat. Di jalur lambat itu banyak polisi tidur dan setelah itu macet pula. Kemudian penumpang mobil itu adalah umat karena kita mayoritas. Perlahan, satu-satu tanya ini mobil mau ke mana, sudah jalannya lambat, goyang terus," ujar Anis, Kamis (26/4/2018).


Anis mengucapkan hal tersebut saat menjadi narasumber dalam acara Sejarah Pergerakan Islam dan Masa Depan Bangsa di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Mantan Presiden PKS itu kemudian melanjutkan analoginya itu tentang kondisi Indonesia saat ini.

"Lama-lama orang tanya, tanya ke sopir. 'Ini mobil ke mana.' Kata sopir, 'Udah diam saja, kalian tidak perlu tanya kita mau ke mana.' Karena sering tanya akhirnya sopir marah, 'Ini penumpang cerewet betul, sudah kalian tidak usah tanya, mau ke mana ini mobil bukan urusan kalian.' Jadi sopirnya tak tahu ini mobil mau dibawa ke mana, ketika penumpang protes yang dimarahi penumpang," lanjut Anis.


Anis menekankan Indonesia dihadapkan dengan dua pilihan penting. Dari perumpamaan yang disampaikan Anis, pilihannya adalah Indonesia harus memiliki GPS untuk menentukan arah atau sopir baru untuk memindahkan mobil ke jalur cepat.

"Ilustrasi polisi tidur itu masalah yang kita hadapi di jalur lambat. Jadi yang kita perlukan sekarang dua. Pertama, GPS, arah baru bagi mobil ini. Kedua, sopir baru untuk memindahkan mobil ke jalur cepat," jelasnya.



Tonton juga video Anis Matta lainnya:

[Gambas:Video 20detik]


(idn/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed