DetikNews
Kamis 26 April 2018, 22:19 WIB

MRT Jakarta Siap Diuji Coba Juni 2018

Edwin Rudiyanto - detikNews
MRT Jakarta Siap Diuji Coba Juni 2018 Foto: Edwin Rudiyanto/detikcom
Jakarta - Pembangunan mass rapid transit (MRT) Jakarta hampir rampung. Rencananya, MRT Jakarta akan diuji coba pada Juni 2018.

"Akan ada uji coba trainset pertama di depo bulan Juni. Kemudian uji coba yang kedua di Juli," kata Direktur Utama MRT Jakarta Wiliam Sabandar kepada wartawan di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (26/4/2018).

MRT Jakarta segera diuji cobaMRT Jakarta segera diuji coba. (Edwin Rudiyanto/detikcom)

Tahapan uji coba selanjutnya, MRT akan 'melantai' di rute Lebak Bulus-Bundaran HI. "Uji coba kereta di jalur pertama Lebak Bulus sampai Bundaran HI akan dilakukan bulan Agustus. Kemudian sertifikasi kereta oleh PT KAI di bulan Desember," tuturnya.

Depo MRT Jakarta di Lebak BulusDepo MRT Jakarta di Lebak Bulus. (Edwin Rudiyanto/detikcom)

Saat ini pihaknya tengah mengebut penyelesaian sistem jaringan kereta untuk persiapan Asian Games nanti. Saat ini jaringan hingga rel kereta sudah terpasang 60 persen.


"Fokus kerja kita saat ini adalah pekerjaan sistem network kereta yang sudah mencapai 60 persen, rel kereta sudah terpasang sekitar 60 persen. Kita bersiap menuju Asian Games, jadi pekerjaan di atas jalan harus sudah kita selesaikan," imbuhnya.

Ditargetkan, headway MRT setiap 5 menit sekali. "Proyek rencana akan selesai di bulan Maret 2019," imbuhnya.

Secara keseluruhan, proyek pekerjaan MRT sudah mencapai 93,34 persen. Di mana pada seksi atas sudah mencapai 94,45 persen dan seksi bawah 96,24 persen.


"Progres yang tersisa ini tinggal pengerjaan di stasiun, sekaligus pekerjaan interior stasiun. Bukan lagi pekerjaan konstruksi besar, tapi pekerjaan detail, seperti interior, persiapan sistem, dan signaling," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim mengatakan signaling merupakan salah satu kompartemen yang penting dalam proyek ini. "Signaling itu salah satu pekerjaan yang paling penting untuk memastikan kereta kita bisa berjalan di main line," tutur Silvia.
(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed