DetikNews
Kamis 26 April 2018, 22:01 WIB

Siapa Sam Aliano yang Pengin Duet dengan Veronica Tan dan Susi?

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Siapa Sam Aliano yang Pengin Duet dengan Veronica Tan dan Susi? Sam Aliano di Bareskrim (Denita Matondang/detikcom)
Jakarta - Setahun menjelang Pilpres 2019, muncul sosok Sam Aliano, yang memantapkan diri menjadi calon Presiden RI. Dia bahkan berniat menggandeng Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan mantan istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Tan.

"Dua-duanya adalah sosok wanita yang hebat, yang berani, yang cerdas, yang menggambarkan sosok Kartini 'zaman now'," ungkap Sam dalam konferensi pers di gedung Joang '45, Jakarta Pusat, Kamis (26/4/2018).



Sam dikelilingi relawan pendukungnya dalam jumpa pers itu. Nama Susi dan Veronica juga diusulkan oleh para relawannya.

"Kalau saya lihat, Ibu Veronica Tan adalah seorang yang membawa hoki. Hokinya beliau, Ahok bisa jadi gubernur," kata dia.

Ahok merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta pada 2014-2017. Namun Sam menegaskan dirinya bukan bermaksud ingin menjadi gubernur.



"Saya ingin jadi Presiden 2019," kata dia.

Sementara itu, sosok Susi digambarkan sebagai seorang prajurit yang hebat. Susi, menurut dia, bisa melindungi Indonesia.

"Ibu Susi Pudjiastuti, dia adalah penjaga laut, dia adalah prajurit yang hebat, penjaga Indonesia dari orang jahat yang datang dari luar negeri," kata dia.

Siapa Sam Aliano?

Sosok Sam Aliano bisa dibilang baru di dunia politik nasional. Lembaga survei yang merilis hasil risetnya pun belum memasukkan nama Sam Aliano dalam deretan kandidat capres ataupun cawapres.

"Saya sedang penjajakan dengan partai politik, kita berusaha, soalnya yang calon lain juga sama, seperti Pak Gatot (Nurmantyo), Pak Rizal Ramli, dan yang lain. Juga partai politik belum jelas, semua belum menetapkan capres atau cawapres," kata Sam saat berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon.

Karangan bunga Sam Aliano untuk KPK. (Faiq Hidayat/detikcom)


Sam kemudian menceritakan latar belakangnya. Dia mengaku sebagai seorang pengusaha dan politikus.

"Saya sebagai pengusaha dan juga memiliki organisasi, salah satunya Pengusaha Indonesia Muda, aktif di partai politik, saya sebagai politisi," papar Sam.

Sam menekankan dirinya adalah warga negara Indonesia. Dia memang mengakui sebagai seorang keturunan tapi enggan menyebutkan nama negaranya.

"Saya bukan orang asing. Kalau ada yang bilang saya bukan warga negara, saya maafinlah. Tapi saya tekankan kalau saya warga negara," ujar dia.

Sam Aliano Pernah Aktif di Partai Idaman

Sam mengaku aktif di partai politik. Rupanya dia pernah aktif di Partai Islam, Damai, Aman (Idaman), yang diketuai Rhoma Irama.

"Partai Idaman itu dulu, tapi sekarang fokus ini saja," kata dia.

Saat ini Sam fokus menjadi capres bersama relawan, sehingga dia enggan menyebutkan partai politik tempatnya sekarang.

"Saya dulu aktif beberapa partai, sekarang pribadi saya sendiri perjuangan demi rakyat saya ingin rangkul parpol," ungkap dia.

Tak hanya partai politik. Sam pun pernah aktif di organisasi kemasyarakatan Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar).

"Bang Japar saya bendahara umum, saya tetap," kata dia.

Dimintai konfirmasi terpisah, Ketum Bang Japar Fahira Idris pun membenarkan bahwa Sam pernah aktif di organisasinya. Tetapi, menurut Fahira, Sam sudah tidak aktif sejak tahun lalu.

"Sudah lama tidak aktif," kata Fahira.

Sementara itu, Sekjen Idaman Ramdhansyah menyebut Sam tidak masuk kepengurusan partainya. Tetapi Ramdhansyah membenarkan bahwa Sam pernah aktif.

"Tidak pernah di struktural Partai Idaman. Dulu dia simpatisan partai, lalu lompat ke Partai Rakyat," kata Ramdhansyah.
(bag/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed