DetikNews
Kamis 26 April 2018, 21:31 WIB

Amien Rais atau Zulkifli Penentu Capres PAN?

Elza Astari Retaduari - detikNews
Amien Rais atau Zulkifli Penentu Capres PAN? Siapa yang menentukan capres dari PAN? (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dan Ketum PAN Zulkifli Hasan kerap bertolak belakang soal koalisi Pilpres 2019. Siapa yang akan menentukan capres dari PAN?

Amien dalam beberapa kali kesempatan menyatakan PAN tak akan mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Padahal, untuk saat ini, PAN masih berada di Kabinet Kerja Jokowi dengan satu kadernya menjadi menteri.

Amien mengaku sudah bertemu dengan pimpinan PAN. Namun dia tak menyebut apakah yang dimaksud pimpinan PAN itu Zulkifli Hasan atau bukan.

"Yang jelas, saya sudah ketemu pimpinan PAN, tidak mungkin mendukung yang ada sekarang ini supaya timbul kompetisi," ujar Amien setelah menghadiri acara 'Silaturahmi Tokoh Nasional Menuju Pilpres 2019' di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (8/3/2018) lalu.


Hal tersebut dibantah oleh Zulkifli. Dia menyebut PAN belum ketuk palu soal arah dukungan di Pilpres 2019. Peluang untuk merapat ke Jokowi juga masih terbuka.

"Sekarang masih terbuka," sebut Zulkifli Hasan di program Blak-blakan detikcom, yang tayang pada Jumat, 13 April 2018.

Seakan tak peduli terhadap pernyataan sang ketum, Amien kembali menegaskan PAN tidak akan mendukung Jokowi. Amien pun dengan tegas memberi dukungan kepada Ketum Gerindra Prabowo Subianto, capres yang juga didukung PAN pada Pilpres 2014 sebelum akhirnya merapat ke kubu pemerintahan setelah Jokowi menang.

"Saya bisa menjamin, tidak mungkin PAN dukung Pak Jokowi-lah ya," kata Amien di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (20/4).


Pernyataan berbeda kembali dilontarkan Zulkifli. Dia tidak mendukung apa yang disampaikan besannya tersebut.

"Kami masih belum memutuskan arah dukungan. Masih terbuka dengan calon mana pun. Incumbent juga punya peluang menang yang kuat," kata Zulkilfli di Jakarta, Sabtu (21/4).

Dimintai konfirmasi soal perbedaan sikapnya dengan Ketum PAN, Amien menyebut itu hanyalah sandiwara Zulkifli. Sebagai pendiri partai berlambang matahari terbit tersebut, Amien memastikan dialah yang lebih tahu apa yang diinginkan para kader PAN.

"No, no, no. Saya lebih tahu dari Pak Zul. Maaf, karena saya mendirikan (PAN), saya keliling ke mana-mana," tegas Amien di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/4).



"Umat PAN di bawah itu emoh Jokowi, titik. Pak Zul bermanuver. Itu hanya sandiwara, ya," imbuhnya.

Menurut Amien, pilihan PAN pada Pilpres 2019 tinggal satu. PAN bersama Gerindra dan PKS, kata Amien, harus mengusung Prabowo Subianto.

"Saya kira tidak ada jalan lain," ucapnya.

Padahal sebelumnya, elite PAN baru saja menyebut semua opsi masih terbuka, termasuk mengusung Jokowi. Saat Amien Rais sudah 'say good bye' kepada Jokowi di Pilpres 2019, Waketum PAN Bara Hasibuan menyatakan sebaliknya.

"Segala kemungkinan masih ada, termasuk kemungkinan dukung Jokowi masih ada. Belum ada sesuatu yang fixed," ungkap Bara, Kamis (26/4).

Lantas, siapa yang akan menentukan capres dari PAN, Amien atau Zulkifli?
(elz/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed