Jutaan Penghapal Alquran Indonesia Lahir dari Donasi Online Ini

Mustiana Lestari - detikNews
Kamis, 26 Apr 2018 16:24 WIB
Foto: Dok PPPA Daarul Qur'an
Jakarta - Perkembangan teknologi kini banyak dimanfaatkan untuk melahirkan para penghapal Alquran. Salah satunya PPPA Daarul Qur'an yang kini memanfaatkan sedekahonline.com untuk memberikan donasi masyarakat ke kepada para hafiz Quran.

"Kita kembangkan sejak Ramadan tahun lalu, pengembangannya sendiri memakan waktu sekitar lima bulan," ujar Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur'an, Tarmizi Ashidiq, dalam keterangan tertulis Kamis (26/4/2018).

Tarmizi mengatakan sedekahonline.com merupakan layanan sedekah digital yang dibangun untuk memudahkan donatur menyalurkan donasinya kapan saja dan di mana saja. Satu tahun setelah diluncurkan, donasi yang didapatkan lewat sedekahonline.com berhasil menghimpun donasi sebesar Rp 3,8 miliar yang dikumpulkan lebih dari 14.000 donatur.

Baca Juga: Rian D'Masiv dan Sejumlah Artis Ikut Gerakan Sedekah Nasional

"Alhamdulillah, respons masyarakat atas sedekahonline.com cukup tinggi. Kini banyak donatur yang beralih menyalurkan sedekah dari cara konvensional ke layanan digital. Platform ini juga sudah tersedia untuk perangkat Android," tutur Tarmizi.

Dana yang terhimpun dari sedekahonline.com disalurkan dalam sejumlah program unggulan dan reguler, salah satunya Beasiswa Tahfizh Qur'an (BTQ) atau program beasiswa untuk para santri.

BTQ menyasar kepada mahasiswa perguruan tinggi negeri dan 30 ribu santri-santri rumah tahfiz dan pesantren tahfiz Daarul Qur'an. Dengan beasiswa dari donasi masyarakat, para santri bisa menjadi penghapal Alquran gratis hingga sarjana. (ega/ega)