DetikNews
Kamis 26 April 2018, 16:55 WIB

Pembunuh Mantan Atlet Karate Riau Ternyata Eks Pegawainya

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Pembunuh Mantan Atlet Karate Riau Ternyata Eks Pegawainya Foto: detik
Pekanbaru - Pelaku pembunuhan mantan atlet karate Riau, Paulus Lawalata (72) ditangkap. Pelaku berinisial ISC mengaku sakit hati karena sering diomelin dan gaji tak dibayar oleh korban.

"Tersangka selama ini pernah menjadi karyawan korban. Karena merasa sakit hati sering diomelin, dan gajinya tak dibayar sehingga menaruh dendam. Tetapi saat pembunuhan tersebut, tersangka sudah tidak bekerja lagi dengan korban," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Susanto kepada detikcom, Kamis (26/4/2018).

Pembunuhan ini terjadi pada Minggu (8/4), pukul 01.00 WIB dini hari, di rumah korban Jalan Tanjung Datuk, Kecamatan Limapuluh Pekanbaru.

Awalnya, tersangka ini akan melakukan pencurian di rumah bekas majikannya. Hanya saja saat melakukan aksinya, tertangkap tangan oleh korban Paulus. Tersangka masuk ke rumah majikannya menggunakan topeng.

"Ada orang masuk ke rumah, korban mantan atlet karate langsung menendang tersangka hingga terpental. Korban sempat mempiting tersangka," kata Santo.

Ketika terjadi duel, lanjut Santo, tersangka berhasil melepaskan dari pitingan korban. Ketika melepaskan pitingan, topeng yang dipakai tersangka terlepas. Paulus kaget karena orang yang masuk ke rumahnya itu bekas anak buahnya.

Karena panik, tersangka mengambil patung kayu yang ada di rumah dan langsung memukulkan ke bagian tengkuk korban. Korban terjatuh dan tewas seketika.

"Tersangka lantas mengambil uang dalam dompet sekitar Rp 4 juta dan mengambil motor suzuki Skaywave dan bersama STNK dan BPKP-nya. Cincin emas dan HP milik korban dia ambil juga," kata Santo.

Seluruh barang hasil curian, kata Santo, dijual tersangka. Selanjutnya pelaku melarikan diri ke Pangkalan Brandan, Sumatera Utara (Sumut).

"Kini tersangka sudah kita tahan di Mapolresta Pekanbaru. Motifnya karena karena sakit hati sama bekas majikannya," tutup Santo.
(tfq/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed