DetikNews
Kamis 26 April 2018, 16:55 WIB

Ini Penjelasan Menag ke Jokowi soal Persiapan Haji 2018

Andhika Prasetia - detikNews
Ini Penjelasan Menag ke Jokowi soal Persiapan Haji 2018 Menag Lukman Hakim Saifuddin Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Bogor - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melaporkan mengenai pengelolaan dana haji sampai persiapan ibadah haji 2018 kepada Presiden Jokowi. Menurutnya, persiapan di Tanah Suci sudah mendekati final.

"Intinya adalah membicarakan tentang pengelolaan dana haji secara keseluruhan. Tentu termasuk di dalamnya penyelenggaraan haji tahun 2018. Saya baru saja tiba kemarin bersama Ibu Menko PMK dan Ibu Menkes melakukan rapat koordinasi persiapan haji 2018 dan alhamdulillah sejauh ini persiapan sebagaimana direncanakan, seluruh hotel yang ada di Mekah itu seluruhnya kami sewa," ujar Lukman usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/4/2018).

Ada 165 hotel yang disewa di Mekah. "Tinggal penuntasan kontrak tinggal beberapa saja. Jadi 100 persen kurang dari 165 hotel kami berhasil sewa menampung tidak kurang dari 204 ribu jemaah," imbuhnya.


Untuk hotel di Madinah, sudah selesai 50 persen dari kebutuhan jemaah dengan sistem sewa full musim. Saat ini, pemerintah masih melakukan penyelesaian akhir sewa hotel di Madinah yang masih menggunakan sistem blocking time.

"Yang Madinah, karena menggunakan 2 pendekatan sewa, yang pertama adalah full musim, tapi beberapa sewa dengan pendekatan blocking time. Yang full musim sudah kami sewa seluruhnya, tinggal sekarang yang blocking time. Tapi secara keseluruhan, hotel standar bintang 3, tidak boleh 5 orang per kamar sudah sesuai harapan," urainya.


Begitu juga soal persiapan katering. Secara keseluruhan, Lukman mengatakan persiapan haji 2018 hampir final.

"Katering, transportasi di Tanah suci sudah kami lakukan kontrak. Prinsipnya, berbagai persiapan di Tanah Suci sudah mencapai mendekati final," ujar Lukman.
(dkp/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed