DetikNews
Kamis 26 April 2018, 16:52 WIB

Bertambah, Jatah Makan Jemaah Haji Jadi 40 Kali Selama di Saudi

Andhika Prasetia - detikNews
Bertambah, Jatah Makan Jemaah Haji Jadi 40 Kali Selama di Saudi Menag Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Bogor - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan ada peningkatan jumlah makan untuk jemaah haji tahun 2018. Tahun ini, jemaah haji mendapat 40 kali makan.

"Masalah katering, secara prinsipil tidak ada masalah. Tahun ini kita bersyukur di Mekah yang tahun lalu 25 kali dapat makan, tahun ini menjadi 40 kali. Itu adalah peningkatan kualitas pelayanan jemaah haji," ujar Lukman seusai menghadiri rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/4/2018).


Untuk cita rasa makanan, pemerintah mengambil jalan tengah. Walaupun sudah diambil jalan tengah, masih ada jemaah yang protes.

"Moderasi hal rasa diperlukan untuk menjaga pencernaan seluruh jemaah haji kita. Karena tidak semuanya memiliki kemampuan pencernaan, bisa mengonsumsi rasa yang terlalu ekstrim. Kami sudah konsultasi dgn ahli gizi, dan seterusnya dan katering ya harus pada titik moderat dalam hal rasa dan juga melindungi pencernaan," urainya.


Untuk penginapan, 169 hotel di Mekah sudah disewa pemerintah untuk jemaah haji asal Indonesia. Jarak terjauh penginapan dari Masjid Al Haram yakni 4,4 kilometer.

"Berkisar antara 708 meter dari Masjidil Haram sampai paling jauh 4.400 meter," kata Lukman.



(dkp/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed