DetikNews
Kamis 26 April 2018, 13:40 WIB

Menerka Makna Manuver Jokowi Goda Susi

Elza Astari Retaduari - detikNews
Menerka Makna Manuver Jokowi Goda Susi Foto: Istimewa/Setkab
Jakarta -

Manuver Jokowi tak mudah diterka. Jokowi bahkan bisa melontarkan godaan seraya mengoreksi dengan cara halus menterinya.

"Saya lihat videonya, nada bercanda itu Presiden. Saya kira itu bagian cara presiden mengoreksi menteri tapi tanpa mengganggu suasana," kata Ketum PPP M Romahurmuziy saat berbincang dengan wartawan, Kamis (26/4/2018).

Hal ini disampaikan Rommy menanggapi sindiran yang berujung godaan Jokowi ke Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di acara peresmian keramba jaring apung lepas pantai di Pelabuhan Pendaratan Ikan Cikidang, Babakan, Pangandaran, Selasa (24/4) kemarin.

Di forum tersebut Jokowi sempat merespons Susi yang meminta dua menteri
menyampaikan permintaan warga ke Menhub Budi Karya Sumadi serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Susi meminta sungai yang berada di Pantai Pangandaran dikeruk agar bisa dilewati kapal-kapal nelayan.

Jokowi pun merespons pernyataan Susi itu. "Pak Menteri PU, Pak Menteri Perhubungan sudah diperintah oleh Bu Susi untuk membangun, mengeruk sungai. Betul memang dibutuhkan mengeruk sungai itu?" tanya Jokowi ke warga.

Warga pun kompak menjawab bahwa mereka membutuhkan sungai dikeruk. Tapi, menurut Jokowi, perintah itu harusnya datang dari presiden bukan menteri.

"Tapi yang perintah mestinya bukan Bu Susi. Yang perintah itu presiden," ujar sambil tertawa.

Jokowi melanjutkan dengan sebuah candaan soal Pilpres 2019. "Jangan jangan Bu Susi ini pengin jadi presiden, pengin jadi wapres ini kelihatannya," sambung Jokowi bercanda dan disambung tawa warga.

Menanggapi hal ini, Rommy melihat lebih kepada candaan Jokowi. Rommy juga melihat sosok Susi tak berambisi jadi cawapres.

"Tapi ya kalau di media sosial sudah ada Pegasus kan pendukungnya banyak," kata Rommy.


(van/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed