DetikNews
Rabu 25 April 2018, 16:45 WIB

Banyak Dikritik, Mendikbud Batalkan Nobar 'Dilan' di Hardiknas

Tsarina Maharani - detikNews
Banyak Dikritik, Mendikbud Batalkan Nobar Dilan di Hardiknas Mendikbud Muhadjir Effendy (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana menggelar nonton bareng (nobar) film 'Dilan' dan 'Yowis Ben' dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Mendikbud Muhadjir Effendi menyatakan film 'Dilan' tak jadi diputar dalam rangka peringatan Hardiknas di Kemendikbud.

"Karena banyak kritik, kemudian 'Dilan' kita turunkan," kata Muhadjir di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Rabu (25/4/2018).



Muhadjir hanya menyebut judul film 'Dilan' saja yang dicabut dari daftar film untuk nobar saat Hardiknas. Dia tak menyebut film 'Yowis Ben' juga dicabut dari daftar.

Muhadjir kemudian menjelaskan kegiatan nobar itu rencananya digelar serempak di seluruh Indonesia. Sebetulnya ada 37 film yang akan ditayangkan dalam kegiatan nobar tersebut. Masing-masing daerah menayangkan beberapa film dari daftar yang telah ditentukan itu.

Mendikbud Batal Nobar Film 'Dilan' di HardiknasFoto: Istimewa


Muhadjir menegaskan penentuan 37 film itu sudah melewati badan sensor dan tim khusus Kemendikbud. Ia memastikan seluruh film itu mengandung muatan positif bagi pendidikan karakter siswa.

"Jadi sebetulnya ada 37 film yang ditayangkan seluruh Indonesia. Kebetulan yang mau ditayangkan di Dikbud dua film itu," ucap Muhadjir.



"Itu (semua) sudah dikonsultasikan kepada badan sensor film dan tim dari Kemendikbud yang mengutamakan film-film yang bermuatan pendidikan, khususnya pendidikan karakter," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Kemendikbud menggelar nobar film 'Dilan' dan 'Yowis Ben' dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Acara nobar itu diharapkan dapat membuat masyarakat lebih mengapresiasi film nasional.

Sejumlah kritik sebelumnya telah dilayangkan oleh beberapa anggota DPR. Mereka menilai film 'Dilan' yang bergenre romantis itu tak terlalu cocok ditayangkan dalam rangka peringatan Hardiknas.
(tsa/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed