DetikNews
Rabu 25 April 2018, 15:46 WIB

Apa Perbedaan Kawal Jokowi dan Iriana? Ini Kata Jokowi's Angels

Andhika Prasetia - detikNews
Apa Perbedaan Kawal Jokowi dan Iriana? Ini Kata Jokowis Angels Paspampres perempuan yang kawal Jokowi / Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Paspampres perempuan yang biasanya mengawal Ibu Negara Iriana, hari ini mengawal Presiden Joko Widodo. Adakah perbedaan yang dirasakan Jokowi's Angles ini saat mengawal keduanya?

"Sama seperti bapak (Jokowi), tidak ada perbedaan bapak dan ibu (Iriana). Bapak dan ibu sama. Kami selalu waspada, apa pun yang terjadi, kita sebagai Paspampres siap," ujar salah satu anggota Paspampres perempuan, Sertu Vera Defita di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (25/4/2018).



Secara tugas, Sertu Vera lebih sering mengawal Iriana Jokowi. Terkadang, Vera mengaku tidak dikenali warga sebagai Paspampres. Misalnya saat warga meminta foto bersama Iriana.

"Kalau kami, seperti ibu, kalau lagi foto, ada yang bilang 'mbak minggir dong, saya mau foto'. Lalu kami sampaikan, 'maaf kami Paspampres untuk mengamankan ibu' dan selalu kami sampaikan, kami sapa dan kasih senyum," tutur Vera yang berasal dari satuan TNI AD.

Paspampres perempuan saat kawal Jokowi / Paspampres perempuan saat kawal Jokowi / Foto: Rengga Sancaya


Begitu pula saat Vera ditugasi mengawal Jokowi, seperti yang dilakukannya hari ini. Vera menceritakan kesannya mengawal Jokowi saat blusukan.

"Banyak sih. Kami sudah lama juga di sini, di Paspampres. Yang paling blusukan kalau ada warga. Kami kan membuat tidak ada jarak antara presiden dengan warga. Bagaimana caranya, kami harus buat aman," sebutnya.



Pada umumnya, Paspampres diisi oleh laki-laki. Apakah juga ada perbedaan saat menjalani tugas dari atasan?

"Tidak ada perbedaan. Kami wanita TNI, semuanya sama instruksi dari Danpaspamres sama," ujar Vera.



Tonton juga video mengenai Jokowi's Angels:

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed