DetikNews
Rabu 25 April 2018, 13:54 WIB

APP Sinar Mas Perkuat Pencegahan Kebakaran Hutan Jelang Asian Games

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
APP Sinar Mas Perkuat Pencegahan Kebakaran Hutan Jelang Asian Games Kegiatan press briefing APP Sinar Mas (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas terus memperkuat pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di area konsesi pemasok bahan baku APP Sinar Mas di Indonesia jelang Asian Games 2018. Strategi yang digunakan APP Sinar Mas yaitu Desa Makmur Peduli Api (DMPA) dan Integrated Fire Management (IFM).

"Asian Games akan dilaksanakan pada 18 Agustus, di bulan itu musim kemarau oleh karena itu sebuah taruhan besar bangsa Indonesia selain mensukseskan Asian Games bagaimana kita juga mencegah terjadinya kebakaran. Karena ini adalah event kedua terbesar di dunia," kata Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata di kantor Sinar Mas Land Plaza Tower 2, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (25/4/2018).

"Terkait Asian Games dan musim kemarau mendatang, kami memiliki 2 program besar. Kami punya IFM, program kedua yaitu DMPA. Selain menigkatkan ekonomi masyarakat sekaligus mendidik masyarakat memakmurkan desa dan masyarakat perduli kepada kebakaran," sambungnya.

APP Sinar Mas Perkuat Pencegahan Kebakaran Hutan Jelang Asian GamesDirektur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)

DMPA ini sebenarnya sudah diperkenalkan APP Sinar Mas sejak tahun 2015. Program DMPA ditargetkan ke 500 desa selama kurun waktu 5 tahun hingga 2020 di sekitar dan dalam wilayah konsesi pemasok APP Sinar Mas di 5 provinsi yaitu Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur dengan dana bergulir senilai USD 10 juta.

Program DMPA ini untuk mengedukasi masyarakat agar mengelola lahan dengan cara bercocok tanam sayur, buah, peternakan, hingga perikanan. Dalam hal DMPA, APP Sinar Mas juga memfasilitasi penyediaan alat hingga benih. Jelang Asian Games dan saat Asian Games dimulai, APP Sinar Mas akan menambah edukasi kepada masyarakat terkait DMPA guna menanggulangi karhutla.

"Strategi pencegahan dilakukan selain dengan menjaga wilayah konsesi bebas api, juga penanaman kesadaran seputar karhutla terhadap masyarakat sekitar serta penguatan program Desa Makmur Perduli Api (DMPA)," kata Head of Corporate Social and Securty APP Sinar Mas Agung Wiyono.

Dalam kesempatan yang sama, Fire Data and Information Technology Manager APP Sinar Mas Gustaf Rantung menjelaskan tentang strategi kedua dalam mencegah karhutla yakni strategi IFM. IFM menerapkan 4 pilar pencegahan karhutla seperti DMPA, deteksi dini dari wilayah kebakaran dan pantauan dari ketinggian. Pilar ketiga yaitu persiapan situation room dan pemetaan jalur patroli dan pilar terakhir respons cepat dalam penanganan kebakaran.

"Kita juga ada helikopter, ini membantu kita juga jika ada kebakaran dan juga untuk patroli. Tahun lalu kita punya 6 dan khusus untuk Asian Games kita tambah satu lagi," kata Gustaf.

APP Sinar Mas Perkuat Pencegahan Kebakaran Hutan Jelang Asian GamesKegiatan press briefing APP Sinar Mas (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)


Selain ditambahnya helikopter, APP Sinar Mas juga mengetatkan pengawasan karhutla dengan menambah personel yang berjaga 24 jam. Penambahan personel atau penumpukan pasukan akan ditempatkan di wilayah konsesi pemasok APP Sinar Mas di 5 provinsi yaitu Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

"Khusus Asian Games kita tambah penumpukan pasukan, helikopter, itu kita lakukan dengan anggaran besar sehingga jika terjadi kebakaran itu kita bisa ke lokasi maksimal 1 jam. Kita juga perbanyak tower pemantau api setinggi 30 meter dan kita tambah posko dengan tower 15 meter dan penambahan personil 24 jam," kata Gustaf.

Sampai tahun 2018 ini, APP Sinar Mas sudah menginvestasikan lebih dari USD 100 juta untuk pencegahan karhutla. APP Sinar Mas juga menginvestasikan sekitar USD 3,8 juta khusus untuk persiapan menjelang dan selama Asian Games berlanggsung yakni bulan Mei hingga Oktober 2018.



Tonton juga video tentang "masuk musim kemarau, kebakaran hutan diantisipasi":



(dhn/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed