DetikNews
Rabu 25 April 2018, 08:38 WIB

Jokowi: Masyarakat Butuh Peran Wanita yang Lebih Besar

Ray Jordan - detikNews
Jokowi: Masyarakat Butuh Peran Wanita yang Lebih Besar Foto: Presiden Jokowi membuka sidang kabinet paripurna. (Andhika-detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi peran wanita dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara. Jokowi mengatakan, masyarakat dan pemerintah membutuhkan peran wanita yang lebih besar.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri Apel Bersama Korps Wanita TNI, Polwan dan segenap komponen bangsa di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (25/4/2018). Apel tersebut dalam rangka Peringatan Hari Kartini 2018.



"Pada kesempatan ini, dengan semangat emansipasi perempuan, saya menyampaikan Hari Kartini kepada saudari-saudari anggota Korps Wanita TNI dan Polisi Wanita yang hebat dan pemberani. Yang tidak gentar terhadap tantangan yang penuh resiko. Yang telah memilih profesi mulia dan penuh pengabdian," kata Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menyampaikan penghargaan dan harapan kepada anggota Korps Wanita TNI dan Polwan. "Terima kasih atas kontribusi saudari dalam menjaga pertahanan dan kemanan negara kita. Terima kasih atas peran saudari yang terus meningkat dari waktu ke waktu," ujarnya.

Jokowi mengatakan, dirinya bangga bahwa jumlah anggota Koprs Wanita TNI dan Polwan semakin banyak. Proporsinya juga semakin besar.

"Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi saudari sangat diakui dan diharapkan. Dan harapan masyarakat terhadap kepada saudari juga semakin besar," katanya.

Jokowi juga mengatakan, masyarakat Indonesia telah menyaksikan Korps Wanita TNI dan Polwan semakin tampil di depan dalam menjalankan fungsi TNI dan Polri. Mereka tampil di depan dalam memberikan rasa aman dan pelayanan kepada masyarakat.

Jokowi menambahkan, saat ini semakin banyak wanita yang menduduki posisi-posisi strategis di TNI dan Polri. Peran wanita yang semakin besar tersebut terjadi bukan karena belas kasihan kaum pria.



"Bukan pula karena kuota yang ditetapkan pemerintah. Namun peran wanita yang semakin besar dan semakin strategis ini dikarenakan masyarakat, pemerintah dan negara memang membutuhkan peran wanita yang lebih besar," katanya.

"Dan juga dikarenakan peran khas wanita, peran unik wanita dalam memberikan rasa aman dan pelayanan prima kepada masyarakat," tambah Jokowi.
(jor/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed