DetikNews
Rabu 25 April 2018, 08:14 WIB

Jokowi: Prajurit Wanita TNI-Polri Itu Lembut tapi Tegas

Ray Jordan - detikNews
Jokowi: Prajurit Wanita TNI-Polri Itu Lembut tapi Tegas Foto: Dok. Biro Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara soal karakter perempuan Indonesia dalam Apel Bersama Wanita TNI, Polri dan sejumlah komponen bangsa. Upacara ini dalam rangka peringatan Hari Kartini 2018.

Jokowi mengatakan, Korps Wanita TNI dan Polwan sangat terampil di lapangan saat bertugas. Mereka bisa membuat sebuah situasi yang sulit menjadi tenang dan terkendali.

"Benar-benar bisa membuat sebuah situasi yang sulit dapat menjadi lebih tenang dan terkendali. Itulah kelebihan perempuan... lembut tapi tegas, dan itulah yang dibutuhkan bangsa ini," kata Jokowi, Rabu (25/4/2018).



Selain itu, Jokowi juga mengatakan dirinya sering melihat aksi para anggota Wanita TNI dan Polwan di media sosial (medsos). Aksi mereka ramai diperbincangkan para netizen.

"Ramai diperbincangkan oleh para netizen, yang diidolakan dan dielu-elukan masyarakat. Dan memperoleh apresiasi yang luas dari masyarakat," katanya.

Jokowi mengatakan, pendekatan sosial yang ramah dan masyarakat, serta pelayanan yang sopan dan penuh penghormatan adalah karakter pelayanan publik saat ini.

"Saudari-saudari telah menunjukkan karakter pelayanan seperti itu. Untuk itu, saya menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya," katanya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga mengajak para anggota Korps Wanita TNI dan Polwan serta untuk meneruskan semangat juang Kartini. "Semangat juang untuk membangun keadilan. Semangat juang untuk memajukan bangsa dan negara. Semangat juang yang mengutamakan kepentingan seluruh rakyat Indonesia di atas kepentingan pribadi dan golongan," ujar suami Iriana ini.

Selain itu, Jokowi juga meminta mereka untuk menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkau NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Tujuannya untuk menjalankan tugas dengan menjunjung tinggi dedikasi dan profesionalisme.

"Saudara adalah simbol inspirasi bagi anak-anak perempuan Indonesia di manapun berada. Saudara adalah ekspresi kasih sayang negara kepada masyarakatnya. Saudara adalah teladan bagi kemajuan. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia. Tunjukkanlah wajah kecintaan ibu pertiwi kepada insan-insan Indonesia," jelas Jokowi.
(jor/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed