DetikNews
Selasa 24 April 2018, 21:33 WIB

Ramalan Amien Rais Vs Survei Anies Baswedan

Niken Purnamasari - detikNews
Ramalan Amien Rais Vs Survei Anies Baswedan Amien Rais (Yayas/detikcom)
Jakarta - Amien Rais meramal garis tangan Anies Baswedan dan menyebut Gubernur DKI ini bakal jadi penyelamat negeri. Memangnya sekuat apa elektabilitas Anies Baswedan saat ini?

"Insyallah, mana saya ramal tangannya, insyaallah ini penyelamat negeri," kata Amien menyambut uluran tangan Anies di Balairung, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/4/2018).

Amien menyampaikan hal itu saat bertemu Anies dalam acara tasyakuran satu tahun Ustazah Peduli Negeri. Amien, yang berada di podium mengisi ceramah, disambangi Anies. Banyak pernyataan Amien yang membuat seisi ruangan ramai, salah satunya saat ia menyebut 'Jokowi down'.




Amien kemudian melanjutkan ceramahnya mengenang kemenangan Anies di Jakarta. Amien menyebut dulu Anies kalah logistik untuk bertarung dalam pilkada.

"Kalau kalah logistik mana mungkin bisa menang pilkada. Ini buktinya," ujar Amien sambil menunjuk Anies.

Lantas, seberapa kuat elektabilitas Anies Baswedan yang dijagokan Amien Rais?

Di sejumlah survei, elektabilitas Anies Baswedan masih kecil, sebagian besar masih di bawah 5%. Lembaga Survei Median, yang merilis hasil survei pada awal April lalu, menunjukkan elektabilitas Anies berada di kisaran 2%. Hasil survei Cyrus Network, yang dipublikasikan pada Kamis (19/4), menunjukkan elektabilitas Anies (0,3%) kalah dari Hary Tanoesoedibjo (1,1%).

Hasil survei Litbang Kompas, yang dirilis pada Senin (23/4) kemarin, tak menempatkan Anies di tiga besar capres. Tiga besar capres terkuat versi Litbang Kompas adalah Jokowi (55,9%), Prabowo Subianto (14,1%), dan Gatot Nurmantyo (1,8%).



Meskipun kurang kuat dalam elektabilitas capres, nama Anies cukup baik di survei elektabilitas cawapres. Dari hasil survei Litbang Kompas yang dipublikasikan pada Selasa (24/4), Gatot Nurmantyo jadi kandidat cawapres terkuat Prabowo dengan elektabilitas 8,3 persen. Di urutan kedua, ada nama Anies Baswedan, dengan elektabilitas 6,8 persen.

Lantas, mampukah ramalan Amien Rais mematahkan survei elektabilitas capres tersebut? Atau Amien memang mendorong Anies jadi pendamping Prabowo, yang memang dijagokannya?
(van/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed