DetikNews
Selasa 24 April 2018, 19:00 WIB

Moeldoko Yakin Kepuasan ke Jokowi Bertahan sampai Pendaftaran Capres

Andhika Prasetia - detikNews
Moeldoko Yakin Kepuasan ke Jokowi Bertahan sampai Pendaftaran Capres Presiden Jokowi (Biro Setpres)
Jakarta - Sebanyak 72,2 persen responden puas terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla versi survei Litbang Kompas. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yakin angka tersebut masih bertahan sampai pendaftaran capres 2019 pada Agustus mendatang.

"Yakin. Kita bekerja keras karena yang dipikirkan dalam setiap sidang kabinet memberikan pelayanan terbaik kepada siapa pun. Terhadap publik, khususnya," ujar Moeldoko kepada wartawan di gedung Bina Graha, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (24/4/2018).


Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla meningkat dalam 3,5 tahun pemerintahan. Pemerintah menegaskan akan mempertahankan tingkat kepuasan kepada Jokowi.

"Pemerintah mengusahakan itu walaupun perkembangan lingkungan-lingkungan strategis akan mempengaruhi, seperti dolar dan lain seterusnya, pasti akan berpengaruh. Tapi pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mengendalikan situasi," terang Moeldoko.


Untuk persoalan kemiskinan dan ekonomi, masih hanya separuh yang menyatakan positif. Sedangkan sisanya merasa tidak puas. Untuk mendongkrak kepuasan di bidang ekonomi, Jokowi dan para menteri akan berupaya meningkatkan performa di bidang itu.

"Ya investasi dan ekspor. Makanya presiden dengan berbagai cara, berpikir keras dengan para menteri bagaimana memudahkan investasi. Jangan kita menyulitkan investasi ke luar negeri," ucap Moeldoko.


Sebelumnya, Litbang Kompas merilis survei pada Senin (23/4). Survei tersebut dilakukan pada 21 Maret-1 April 2018. Survei dilakukan kepada 1.200 responden secara periodik.

Populasi survei adalah warga Indonesia berusia di atas 17 tahun. Responden dipilih secara acak bertingkat di 32 provinsi dan jumlahnya ditentukan secara proporsional. Tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dengan margin of error plus-minus 2,8 persen.
(dkp/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed