DetikNews
Selasa 24 April 2018, 19:05 WIB

PKS: Pihak Jokowi Pernah Komunikasi Tawarkan Jabatan ke Kami

Danu Damarjati - detikNews
PKS: Pihak Jokowi Pernah Komunikasi Tawarkan Jabatan ke Kami Politikus PKS Refrizal (Dok Pribadi)
Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah melakukan pertemuan tertutup dengan PKS guna membahas Pilpres 2019. Senior PKS menyatakan pihak Jokowi memang selalu berupaya menjalin komunikasi dengan PKS.

"Saya sendiri pernah mengalami juga. Melalui orang-orangnya Jokowi, berkomunikasi menawarkan jabatan-jabatan ke PKS. Tapi kan kita menyatakan PKS di luar pemerintahan," kata politikus PKS, Refrizal, kepada detikcom, Selasa (24/4/2018).

Refrizal menilai Jokowi ingin PKS bersama-sama mendukung pemerintahannya. Pendekatan politik dari Jokowi disebutnya sudah dilakukan sejak dulu.


"Pak Jokowi berupaya berkomunikasi terus dengan PKS melalui orang-orangnya," tutur Refrizal.

Seingat dia, yang terbaru, komunikasi dari pihak Jokowi ke PKS dilakukan saat PKS sudah dipimpin oleh Presiden Sohibul Iman. Refrizal menyebut LBP alias Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sebagai komunikator Jokowi.

"Setahu saya komunikasi yang sudah ada itu melalui LBP. Komunikasi kan bisa datang atau lewat telepon," kata anggota Komisi XI DPR itu.

Menurut Refrizal, tak ada yang aneh dalam komunikasi politik semacam itu. Apalagi Jokowi adalah Presiden RI. PKS juga mengakui itu.

"Kan nggak dilarang dalam politik. Kalau boleh komunikasi sama setan, kita komunikasi sama setan. Kita masih satu bangsa dengan Jokowi. Presiden Jokowi masih presiden kita," kata Refrizal.


Namun PKS tetap teguh, 2019 harus ganti presiden. Refrizal menilai Jokowi telah gagal memimpin bangsa ini.

"Karena Pak Jokowi nggak memimpin negara. Kayaknya, menurut saya ya, Pak Jokowi malah lebih dikendalikan oleh orang lain. Saya tidak sebutkan orangnya. Jadi Pak Presiden bukan yang memimpin negara ini," tutur dia.

Pada acara Mata Najwa yang akan tayang pada Rabu (25/4) besok, Jokowi menyatakan bahwa dirinya juga berkomunikasi dengan PKS. Konteksnya adalah menuju Pilpres 2019

"Semua opsi masih terbuka. Dengan PKS pun secara tertutup kita juga bertemu," kata Jokowi.
(dnu/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed