PAN Akui Mulai Godok Nama Gatot Nurmantyo sebagai Capres

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 24 Apr 2018 17:58 WIB
PAN mempertimbangkan Gatot Nurmantyo sebagai capres. (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan secara blak-blakan mengakui internal PAN sudah mulai menggodok beberapa nama untuk diusung sebagai capres pada Pilpres 2019. Salah satunya mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Memang ada yang membicarakan Pak Gatot di dalam dan itu harus saya akui di internal PAN," kata Bara di DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (24/4/2018).

Bara mengungkapkan internal PAN menilai Gatot sebagai calon yang potensial. Apalagi Gatot telah menunjukkan kesiapan maju di Pilpres 2019.


"Pak Gatot kan pernah menjadi Panglima TNI, artinya dia punya berbagai kelebihan, ketegasan, dan segala macam. Dia juga sudah menyatakan niat untuk maju. Jadi saya pikir bisa saja dipertimbangkan," tegasnya.

Bara juga mengakui Gatot telah melakukan pendekatan ke PAN. Namun dia tak merinci apakah ini termasuk pertemuan antara Gatot dan elite PAN.

"Adalah pembicaraan-pembicaraan secara informal," ungkap Bara.

Sebelumnya, Waketum PAN Viva Yoga Mauladi juga menyebut partainya membuka kesempatan bagi Gatot untuk maju di Pilpres 2019.

"Kalau Gatot berkeinginan jadi kader PAN, kami akan senang sekali," kata Viva di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/4).


Hal ini dilontarkan lantaran Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, disebut Viva, memiliki kedekatan dengan Gatot. Meski begitu, ia tetap berharap Gatot menjalin komunikasi formal apabila serius maju nyapres.

"Kalau Pak Gatot dekat dengan Pak Amien," sebutnya.

"Kalau Gatot serius untuk running di pilpres, dia harus melakukan komunikasi dengan parpol lain yang belum deklarasi. Salah satunya PAN," imbuh Viva. (elz/elz)