DetikNews
Senin 23 April 2018, 21:51 WIB

Polisi Tembak Mati Bos Spesialis Ganjal ATM

Arief Ikhsanudin - detikNews
Polisi Tembak Mati Bos Spesialis Ganjal ATM Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Polres Jakarta Barat menangkap JA, bos kelompok spesialis pembobol ATM dengan modus mengganjal, yang telah ditangkap sebelumnya. Karena melawan, JA akhirnya ditembak dan meninggal dunia.

"Kita menangkap satu orang tersangka JA alias JN yang masuk daftar pencarian orang (DPO) sekaligus otak dari tujuh pelaku yang diamankan," ucap Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat AKBP Edi Suranta Sitepu dalam keterangannya, Senin (23/4/2018).


JA ditangkap di persembunyiannya di Tanah Merah, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada dini hari tadi. Saat akan ditangkap, JA mengancam polisi dengan senjata api.

"Saat pelaku akan ditangkap, yang bersangkutan melakukan perlawanan menggunakan senjata api. Terpaksa kami melakukan tindakan tegas terukur kepada pelaku," ucap Edi.

"Saat dibawa ke RS Kramat Jati, pelaku kehabisan darah dan meninggal dunia," sambungnya.


Polisi Tembak Mati Bos Spesialis Ganjal ATMBarang bukti dari kejahatan kelompok ganjal ATM. (Foto: dok. istimewa)

Polisi mengamankan beberapa barang bukti berupa satu unit senjata api jenis FN, lima butir peluru kaliber 8 mm, satu bong sabu, dan 90 kartu ATM.

Selain sebagai bos, JA adalah orang yang mengajari anggotanya cara mengganjal ATM. Dia pulalah yang merekrut orang-orang tersebut.

"Dia juga yang membagi uang hasil ganjal ATM. Uang tersebut biasanya digunakan untuk hura-hura atau membeli sabu," kata Kanit Krimum Polres Metro Jakarta Barat AKP Rulian Syauri.


Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Barat mengamankan tujuh pelaku ganjal ATM. Mereka terdiri dari dua kelompok.

"Kelompok ini spesialis ATM di minimarket. Jika ATM di dekat kasir dia tidak lakukan. Tapi jika di belakang kasir, dia lakukan," ucap Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Edi Suranta Sitepu kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Barat, Selasa (17/4).
(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed