DetikNews
Senin 23 April 2018, 21:45 WIB

Masih Trauma, Korban KKSB di Papua Belum Dimintai Keterangan

Aufa Saiman - detikNews
Masih Trauma, Korban KKSB di Papua Belum Dimintai Keterangan Foto: Saiman/detikcom
Timika - Guru wanita korban penyanderaan dan pelecehan seksual oleh kelompok bersenjata di Papua belum bisa dimintai keterangan oleh polisi. Mereka masih trauma atas kejadian itu.

"Kami belum bisa mengambil keterangan terhadap para korban guru wanita karena masih trauma," kata Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto kepada Wartawan di Papua, Senin (23/4/2018).


Pemeriksaan lebih lanjut terhadap para korban kekerasan dan pelecehan yang dilakukan oleh KKSB terhadap guru wanita di Lembah Arwanop akan dilakukan setelah para guru mendapat layanan trauma healing oleh Kemendibud.

"Kita tunggu setelah mereka mendapat layanan trauma healing dulu," terangnya.

Polisi telah mengumpulkan keterangan awal terhadap korban kekerasan dan penyekapan dari para korban lelaki. Dari keterangan awal pemeriksaan, diketahui ada kekerasan yang dialami para guru. Proses hukum akan dilanjutkan setelah semua korban tuntas memberikan keterangan.


Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy melakukan pertemuan tertutup dengan para guru korban kekerasan dan pelecehan seksual itu.

Muhadjir mengaku telah mendengar secara langsung cerita para korban. Mereka mengaku disekap oleh pelaku.

"Dari Presiden, ada bantuan buat para korban, tapi nggak bisa disebut bantuannya apa. Selain bantuan, kita akan beri layanan trauma healing kepada mereka," kata Muhadjir.
(tfq/tfq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed