DetikNews
Senin 23 April 2018, 15:53 WIB

Sandiaga Sebut Stadion BMW akan Jadi yang Terbaik di Asia

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sandiaga Sebut Stadion BMW akan Jadi yang Terbaik di Asia Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan pembangunan Stadion BMW akan dimulai Oktober 2018. Sandiaga mengatakan stadion tersebut akan jadi yang terbaik di Asia.

"Desainnya (Stadion BMW) tadi sudah disampaikan cukup menarik. Ini mimpinya bukan stadion terbaik di Indonesia, tapi stadion terbaik di Asia," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (23/4/2018).

Sandiaga menuturkan pembangunan Stadion BMW akan dimulai pada Oktober 2018. Pembangunan Stadion BMW akan melibatkan pihak swasta dengan konsep kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).


"Time table-nya sangat ketat. Karena kita ingin mulai dibangun bulan Oktober. Jadi ini yang dalam kemitraan pemerintah dan badan usaha yang tidak melibatkan APBD. Tapi kita ingin partisipasi publik untuk membangun stadion di Jakarta bertaraf internasional," sebut Sandiaga.

Sandiaga sebelumnya menjelaskan Pemprov DKI melakukan konsultasi dengan publik terkait pembangunan stadion ini. Setelah itu, akan dilanjutkan untuk fase prastudi kelayakan.

"Pra-feasibility study ini yang rencananya nanti akan disusul oleh penunjukan bulan Mei, sekitar bulan Mei akhir, untuk pemrakarsa melakukan finalisasi persiapan. Rencananya, bulan Agustus akan dilakukan lelangnya. Oktober, September, ditunjuk," papar Sandiaga, Selasa (3/4).


Pergub soal kemitraan pemerintah dengan badan usaha, disebut Sandiaga, sudah ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kata Sandiaga, pergub itu juga berisi tentang kemitraan pemerintah terkait pembangunan Stadion BMW.

"Pergubnya sudah ditandatangani minggu lalu. Untuk pemrosesan pemrakarsa kita sudah menerima lebih dari 10 dari calon pemrakarsa," kata dia.

"Karena sifatnya ini sangat urgen untuk dilakukan dengan segera Pemprov melihat ada preferensi untuk memasukkan ini dalam skema unsolicited karena kebutuhan stadion ini sangat cepat," terang Sandiaga.
(fdu/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed