Elektabilitas Gatot Merosot, Relawan: Kami Tak Percaya Survei

Elektabilitas Gatot Merosot, Relawan: Kami Tak Percaya Survei

Elza Astari Retaduari - detikNews
Senin, 23 Apr 2018 15:05 WIB
Foto: Elektabilitas Gatot Nurmantyo merosot. (Rachman Haryanto/detikcom).
Foto: Elektabilitas Gatot Nurmantyo merosot. (Rachman Haryanto/detikcom).
Jakarta - Elektabilitas Gatot Nurmantyo di bursa Pilpres 2019 merosot versi litbang kompas yakni hanya 1,8%. Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN) yang merupakan pendukung Gatot menyatakan tak percaya dengan hasil survei.

"Biar saja kalau survei-survei. Survei berdasarkan apa? Ndak percaya kita dengan survei, kita tahu siapa yang buat," ujar Sekjen RSPN Sumiarsi saat dihubungi, Senin (23/4/2018).

RSPN merasa dukungan untuk Gatot di lapangan menjadi indikator utama ketimbang hasil survei. Sumiarsi menyebut bukti nyata banyaknya dukungan untuk Gatot terlihat di daerah-daerah.


"Kami di daerah-daerah makin membumbung, pembukaan DPC makin gencar, permintaan anggota makin banyak," sebutnya.

Sumiarsi mempersilakan pihak-pihak yang melakukan survei soal pilpres. Namun menurut dia, para pendukung eks Panglima TNI itu fokus pada konsolidasi kekuatan.

"Survei kami hargai, tapi kami punya keyakinan dan dasar dari akar rumput dan daerah. Sebentar lagi akan bertemu juga (dengan Gatot)," ungkap Sumiarsi.


Sebelumnya diberitakan, litbang kompas merilis survei elektabilitas bakal calon presiden 2019. Hasilnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) naik dengan perolehan angka 55,9%, sementara Prabowo Subianto turun dengan hanya berada di angka 14,1 persen.

Seperti Prabowo, elektabilitas Gatot juga ikut merosot. Elektabilitas jenderal purnawirawan itu tinggal 1,8 persen, padahal 6 bulan lalu 3,3 persen.

Survei tersebut dilakukan pada 21 Maret hingga 1 April 2018. Survei dilakukan kepada 1.200 secara periodik. Populasi survei adalah warga Indonesia berusia di atas 17 tahun. Responden dipilih secara acak bertingkat di 32 provinsi dan jumlahnya ditentukan secara proporsional. Tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dengan margin of error plus minus 2,8 persen. (elz/tor)