DetikNews
Senin 23 April 2018, 07:17 WIB

Jam Genap-Ganjil Maju, Mobil Tak Sesuai Aturan Masih Ada Melintas

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Jam Genap-Ganjil Maju, Mobil Tak Sesuai Aturan Masih Ada Melintas Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Uji coba penerapan genap-ganjil mulai pukul 06.00 WIB dilakukan hari ini. Mobil yang tak sesuai aturan, yakni berpelat genap di tanggal ganjil hari ini masih ada yang melintas.

Pantauan detikcom di ruas Jalan Sudirman hingga Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (23/4/2018) pukul 06.00 WIB, situasi lalu lintas masih terpantau lancar. Meski demikian, masih ada mobil berpelat genap melintas di ruas tersebut. Beberapa mobil berpelat genap itu terlihat diminta petugas untuk melewati ruas jalan lain.

Beberapa petugas gabungan dari Satlantas Polda Metro Jaya maupun Dinas Perhubungan DKI Jakarta terlihat berjaga di seputaran jalan. Kendati masih terlihat beberapa mobil yang berpelat tidak sesuai melintas di lokasi.

Kondisi hujan dengan itensitas lebat membuat ruas jalan terpantau lenggang. Terlihat pula para anggota gabungan Satlantas dan Dishub tidak terlalu banyak di ruas jalan.

Selain menyampaikan langsung lewat pengeras suara, sosialisasi juga disampaikan melalui plang tulisan. Plang tulisan itu terlihat di ruas Jl Jenderal Sudirman tepatnya di Bundaran HI.

Sebelumnya Wakil Kepala Dishub DKI Sigit Widjatmoko mengatakan selama uji coba pengaturan waktu ganjil-genap pada pukul 06.00 WIB tersebut, tidak akan dilakukan penilangan terhadap pengendara.

"Selama uji coba, kita tidak melakukan penindakan dalam bentuk represif. Tilang tidak kita lakukan sampai fix(diterapkan)," kata Sigit saat dihubungi, Jumat (20/4/2018).

BPTJ sebelumnya mengusulkan agar jam ganjil-genap di jalan protokol Jakarta dimajukan.

"Saya tidak cukup puas, karena saya ingin lancar sampai Sudirman-Thamrin, sekarang kendaraan dari Bekasi dan Jagorawi numpuk di Cawang. Kami koordinasikan dengan Dishub DKI agar jamnya dimajukan jadi jam 06.00 agar terurai kemacetan di Cawang," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono kepada detikcom, Selasa (17/4).

[Gambas:Video 20detik]


(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed