DetikNews
Minggu 22 April 2018, 18:30 WIB

Isu Renggangnya Hubungan Antarparpol karena 'Partai Setan'

Andhika Prasetia, Ahmad Bil Wahid - detikNews
Isu Renggangnya Hubungan Antarparpol karena Partai Setan Politikus senior PAN Amien Rais. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Polemik ceramah politikus senior PAN Amien Rais terkait partai Allah dan partai setan belum juga berakhir. Gara-gara ucapan partai setan, hubungan antar-parpol disebut renggang oleh Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy).

Pernyataan soal partai Allah dan partai setan disampaikan Amien dalam acara Gerakan Salat Subuh berjemaah di Masjid Baiturrahim, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (13/4). Meskipun setelah acara itu, Amien menyanggah ucapannya dimaksudkan untuk parpol yang ada di Indonesia.


"Sekarang ini kita harus menggerakkan seluruh kekuatan bangsa ini untuk bergabung dan kekuatan dengan sebuah partai. Bukan hanya PAN, PKS, Gerindra, tapi kelompok yang membela agama Allah, yaitu hizbullah. Untuk melawan siapa? untuk melawan hizbusy syaithan," ujar Amien seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

"Orang-orang yang anti-Tuhan itu otomatis bergabung dalam partai besar, yaitu partai setan. Ketahuilah partai setan itu mesti dihuni oleh orang-orang yang rugi, rugi dunia rugi akhiratnya. Tapi di tempat lain, orang beriman bergabung di sebuah partai besar namanya hizbullah, partai Allah. Partai yang memenangkan perjuangan dan memetik kejayaan," imbuh dia.


Rommy mengkritik Amien. Rommy menilai polemik partai setan bisa merusak hubungan antar-parpol.

Ketum PPP Romahurmuziy.Ketum PPP Romahurmuziy. Foto: Dikhy Sasra

"Hanya kemudian yang muncul persoalan yang mengganggu hubungan antarparpol yang ada karena seolah-olah selain tiga parpol itu masuk dalam kategori parpol yang sebaliknya," ujar Rommy di kawasan CFD, Jakarta, Minggu (22/4).


Ketiga parpol yang dimaksud Rommy adalah PAN, PKS, dan Gerindra. Rommy juga mempertanyakan maksud partai Allah versi Amien.

"Yang kedua, apa dasar pengkategorian tiga parpol itu ke partai Allah? Karena kalau dalam kacamata Islam, partai Allah ya partai Islam, yang masih harus dikategorikan lagi, membela kepentingan Islam," jelas Rommy.

PAN Bantah Rommy

PAN selaku parpolnya Amien menyanggah perkataan Rommy. PAN meminta Rommy tak perlu bersikap reaktif.

"Pak Rommy ini kelihatannya terlalu baper. Padahal, tidak ada yang menyebut-nyebut partainya dia dalam ceramah itu. Karena itu, semestinya dia tidak mempersoalkan ceramah itu. Atau kalau tidak terima, sekalian aja sampaikan tidak menerima adanya ayat 19 dan 22 surat Al-Mujadilah tersebut. Biar umat sekalian mengerti posisi Pak Rommy seperti apa," ujar Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan.


PAN juga tidak sependapat apabila polemik partai setan merusak hubungan tiap parpol. PAN mengimbau Rommy sebaiknya fokus mengurus masalah di internal PPP.

Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay.Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay. Foto: Dok. Istimewa

"Saya tidak tahu apa gejolak itu sudah selesai atau belum. Semestinya itu dulu yang diprioritaskan oleh Rommy. Baru mengomentari partai atau tokoh partai lain," terang Saleh.

Jadi, apakah pernyataan soal partai setan benar-benar merusak hubungan parpol atau malah sebaliknya?
(dkp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed