DetikNews
Minggu 22 April 2018, 17:52 WIB

Detik-detik Tenggelamnya Kapal yang Tewaskan Wakapolres Labuhanbatu

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Detik-detik Tenggelamnya Kapal yang Tewaskan Wakapolres Labuhanbatu Evakuasi Wakapolres Labuhanbatu yang tenggelam (Foto: Istimewa)
Jakarta - Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang bercerita tentang detik-detik kapal yang ditumpanginya tenggelam di perairan Sungai Berombang, Labuhanbatu, Sumatera Utara. Insiden itu menyebabkan Wakapolres Kompol Andi Chandra, yang ikut dalam rombongan, meninggal dunia.

Cerita bermula saat Frido bersama 10 orang pejabat utama Polres Labuhanbatu berkunjung ke Berombang. Frido bersama anggotanya melakukan kunjungan kerja ke Pol Air yang berada di sana.

"Ikut semua, ada 11 orang (anggota) Polres," kata Frido saat dihubungi, Minggu (22/4/2018).

Setelah kegiatan selesai, Frido dan jajaran kembali pulang ke Labuhanbatu. Namun saat kapal telah melaju sekitar 15 menit dari dermaga, mesin kapal tersebut mati.

"Setelah kita lepas dari dermaga penyeberangan umum, kira-kira 15 menit mesin speedboat mati," tutur Frido.

Kapal tiba-tiba oleng. Para penumpang pun berusaha untuk menyeimbangkannya namun kapal kembali oleng. Kapal itu terbalik secara seketika.

Para penumpang langsung menyelamatkan diri masing-masing. Mereka loncat dari kapal yang mulai karam.

"Kita pikir juga almarhum loncat. Karena kita masing-masing menyelamatkan diri," papar Frido.


Frido dan anggota yang telah loncat kemudian menepi ke daratan. Frido menyangka Andi ikut bersamanya. Namun setelah dicari, Andi tenggelam bersama kapal yang karam.

"Pada saat kita sudah menyebarang dari kapal, saya tanya. Aman semua? Saling cari, waka kemana? Setelah kita cari lalu balik kembali, balik kita cari," ucap dia.


Pencarian lalu dilakukan hingga pukul 22.00 WIB. Petugas BPBD setempat juga dikerahkan untuk mencari lulusan Akpol 2003 itu.

Jasad Wakapolres Labuhanbatu Kompol Andi Chandra akhirnya ditemukan pada pagi tadi. Korban ditemukan dalam kondisi tewas.

"Jasad Wakapolres ditemukan sekitar pukul 10.00 WIB tadi oleh tim gabungan TNI/ Polri," kata Dandim 0209/LB, Letkol czi Deden Sumarlin kepada detikcom, Minggu (22/4).


Jsad korban ditemukan hanya berjarak 2 km dari lokasi tenggelamnya kapal yang ditumpangi rombongan Kapolres Labuhan Batu AKBP Frido Situmorang. Korban saat ini telah dievakuasi dan dalam perjalanan menuju ke rumah duka.
(knv/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed