DetikNews
Minggu 22 April 2018, 14:58 WIB

Mahfud MD: Istri Gus Dur Layak Jadi Tokoh Paling Berpengaruh

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Mahfud MD: Istri Gus Dur Layak Jadi Tokoh Paling Berpengaruh Eks Menteri Kabinet era Gus Dur, Mahfud MD. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Istri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah masuk daftar '100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia' versi majalah Time. Mantan menteri era Gus Dus, Mahfud MD menilai Sinta layak menjadi tokoh yang berpengaruh.

"Menurut saya (Sinta Nuriyah) layak menjadi salah satu orang tokoh wanita yang berpengaruh. Banyak di Indonesia tokoh yang berpengaruh. Bu Sinta salah satu di antaranya," ujar Mahfud di kantor DPP PSI, Jl Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (22/4/2018).


Menurut Mahfud, Sinta merupakan penerus ide-ide Gus Dur untuk bidang kemanusiaan hingga HAM. Mahfud menilai Sinta kerap menyapa warga seantero Indonesia.

"Bu Sinta kan pelanjut ide Gus Dur untuk kemanusian, hak asasi dan demokrasi. Dan sesudah Gus Dur wafat, Bu Sinta ndak pernah berhenti keliling Indonesia, sampai ke kampung. Kalau bulan ramadan tidak pernah di rumah. Dia sahur bersama sampai ke daerah-daerah," tutur Mahfud.

Dirilis majalah Time, Jumat (20/4/2018), Sinta masuk kategori 'icons' di daftar tersebut. Jurnalis keturunan Mesir-Amerika, Mona Eltahawy, menulis sosok Sinta sebagai feminis muslim yang memiliki perhatian soal keberagaman agama di Indonesia.


"Sinta Nuriyah mengibaratkan keanekaragaman agama Indonesia sebagai taman bunga. Ada mawar, melati, anggrek. Semua bunga itu indah. Tidak ada yang bisa memaksa mawar menjadi melati atau anggrek," tulis Eltahawy.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kelompok Islam garis keras membuatnya semakin sulit untuk ke taman itu. Namun dia tidak gentar. Dia mengerti bagaimana agama yang dipolitisasi sangat kejam terhadap wanita dan minoritas," lanjut Eltahawy tentang sosok Sinta.

Nama Sinta bersanding dengan tokoh lainnya, seperti Daniela Vega, Jennifer Lopez, Rihanna, Tarana Burke, dan Kesha di kategori 'icons'.
(tfq/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed