DetikNews
Minggu 22 April 2018, 12:56 WIB

Mahfud MD Cecar Caleg PSI dengan Pertanyaan Kritis

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Mahfud MD Cecar Caleg PSI dengan Pertanyaan Kritis Foto: Mahfud MD menjadi salah satu panelis dalam seleksi caleg DPR RI PSI memberi pertanyaan kritis kepada peserta. (Taufiq-detikcom)
Jakarta - Mahfud MD yang menjadi salah satu panelis dalam seleksi caleg DPR RI PSI memberi pertanyaan kritis kepada peserta. Mahfud didampingi Ketum PSI Grace Natalie saat menyeleksi caleg PSI.

Salah satu peserta seleksi bernama Komalasari Wijaya. Dia merupakan seorang sarjana pendidikan dasar dari salah salah satu sekolah tinggi Islam di Jakarta. Dalam pamaparanya, Komala mengatakan siap untuk menstop suap untuk memperoleh jabatan dan pekerjaan.

"Untuk mencipatkan DPR yang jujur, amanah dan Qonaah (cukup)," kata Komalasari saat mengikuti seleksi di kantor DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (22/4/2018).

Dari jawaban itu, Mahfud langsung memberikan pertanyaan soal apakah menjadi anggota DPR harus merasa sudah cukup atas apa yang diusahakan. Menurutnya, seorang pemimpin haruslah progresif dan maju ke depan dan tidak hanya menerima apa yang dimiliki saar ini dan selalu merasa cukup.

"Ndak boleh DPR merasa cukup. harus progresif dong, nggak boleh pasif," terangnya.


Mahfud kemudian langsung menimpali jawaban Komalasari. "Qonaah (merasa cukup) tidak dipakai dalam kepemimpinan. Harus progresif. Qonaah itu buat Sufi," tambah Mahfud.

Selain itu, Mahhfud mempertanyakan soal pengertian korupsi dalam hukum. Pertanyaan ini dijawab oleh Komalasari dengan mengatakan korupsi itu adalah suap seperti pada kasus e-KTP Setya Novanto.

Mendengar jawaban itu, Mahfud langsung meluruskan bahwa sesuai undang-undang, korupsi adalah memperkaya diri sendiri dan orang lain atau korporasi dengan cara melawan hukum dan merugikan negara.

Komalasari pun hanya tersenyum mendengar jawaban dari mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut.

Tidak terasa 20 menit pun berlalu. Kebanyakan Mahfud meluruskan dan bertanya soal substansi pemaparan dari para caleg.

[Gambas:Video 20detik]


(tfq/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed