DetikNews
Minggu 22 April 2018, 10:09 WIB

Bareskrim Kirim Tim Usut Minyak Tumpah di Balikpapan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Bareskrim Kirim Tim Usut Minyak Tumpah di Balikpapan Foto: Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto. (Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - Bareskrim Polri mengirim tim untuk mengusut dugaan kelalaian terkait minyak tumpah di Balikpapan, Kalimantan Timur. Tim Bareskrim diturunkan untuk membantu mencari pihak bertanggungjawab dalam kasus itu.

"Bareskrim sudah kirim tim ke sana untuk membantu Polda Kaltim," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (22/4/2018).


Setyo menduga ada unsur pidana dalam insiden minyak tumpah itu. Polisi masih mengejar pihak yang paling bertanggungjawab atas kejadian itu.

"Indikasi pidana ada. Tapi yang mesti kami pastikan unsur-unsur yang betul masuk unsurnya. Kalau nggak, nggak boleh. Indikasi ada, baik sengaja mau pun tidak. Tidak sengaja tapi mengakibatkan orang mati ada korban loh ini. Jadi siapa pun akan dikejar siapa yang bertanggung jawab. Indikasinya ke sana," ujar dia.

Patahnya pipa Pertamina menyebabkan kawasan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, tercemar minyak. Diperkirakan ada 40 ribu barel minyak mentah yang tumpah ke perairan tersebut.

"Volume tumpahan belum dihitung secara detail. Tapi indikasinya sekitar 40 ribu barel, kurang-lebih. Tapi detailnya nanti tunggu investigasi," kata Direktur Pengolahan Pertamina Toharso di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/4).


Toharso menambahkan, pipa yang patah itu menyalurkan minyak dari Lawe-Lawe menuju kilang di Balikpapan. Pipa yang bocor tersebut, ujarnya, terputus sepanjang 30 cm, kemudian terseret hingga 120 meter dari posisi awal. Meski begitu, pada dasarnya pipa tersebut masih dalam kondisi layak pakai.

Kejadian ini menelan lima orang korban jiwa dan kerusakan lingkungan. Pencemaran minyak akibat patahnya pipa Pertamina di kawasan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, itu terjadi pada Sabtu (31/3) lalu.
(knv/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed