DetikNews
Minggu 22 April 2018, 09:19 WIB

Tonton Blak blakan Rocky Gerung, Kontroversi Kitab Fiksi

Erwin Dariyanto - detikNews
Tonton Blak blakan Rocky Gerung, Kontroversi Kitab Fiksi Foto: Rocky Gerung. (Rachman Haryanto-detikcom)
Jakarta - Sudah hampir dua pekan, jagat media sosial gaduh oleh sebuah kalimat, "kitab suci itu fiksi". Kalimat itu dilontarkan oleh pengajar ilmu filsafat Rocky Gerung.

Saat kalimat itu terlontar dari Rocky Gerung, langsung memantik perdebatan. Dia pun menjelaskan soal makna kata 'fiksi'. Menurut dia, fiksi berbeda dengan fiktif.


Fiksi adalah energi untuk membangkitkan imajinasi. Makna kata fiksi sangat bagus dan berbeda dengan fiktif yang berarti bohong. Belum genap 24 jam kalimat 'kitab suci itu fiksi' diucapkan, Rocky Gerung dipolisikan. Dia dianggap melukai sejumlah umat beragama di Indonesia. Pelapor berpendapat bahwa kata 'fiksi' bermakna sesuatu yang tidak nyata.

Meski sudah hampir dua pekan, riuh soal kalimat 'Kitab Suci itu Fiksi', belum juga berakhir. Beberapa hari ke depan, dia malah akan menjalani pemeriksaan oleh polisi sebagai konsekuensi ucapannyanya.

Rocky mengaku menyadari konsekuensi yang bakal dihadapinya setelah melontarkan kalimat tersebut. "Tapi saya juga tahu itu konsekuensi yang bodoh," ujarnya santai kepada detik.com.

Baca juga: Lulung hingga Ratna Sarumpaet Kumpul Dukung Rocky Gerung

Bagaimana persiapan dia menghadapi rencana pemeriksaan oleh polisi terkait kalimat "Kitab suci itu fiksi' yang disampaikannya dalam acatra ILC di TV One, Rabu 10 April 2018? Benarkah dia cuma getol mengkritisi Jokowi tapi bungkam saat SBY berkuasa? Apa pula maksud dirinya seorang profesor gadungan?

Ikuti jawaban-jawaban tangkas dari dosen filsafat urakan yang hobi naik gunung itu di Blak blakan detikcom, Senin, 23 April 2018 pukul 11.00 WIB.

[Gambas:Video 20detik]


(erd/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed