DetikNews
Sabtu 21 April 2018, 19:45 WIB

Pilgub Sumut 2018

Cagub Edy Ingin Bangun Lembaga Pendidikan di Sumut

Moch Prima Fauzi - detikNews
Cagub Edy Ingin Bangun Lembaga Pendidikan di Sumut Foto: Dok tim Edy Rahmayadi
Jakarta - Calon Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi memiliki keinginan untuk membangun lembaga pendidikan di Besitang, Langkat, Sumatera Utara. Ia mengatakan keinginannya tersebut telah ada sebelum mencalonkan diri jadi Cagub.

"Cita-cita membangun lembaga pendidikan ini sudah lama, jauh sebelum saya mencalonkan Gubernur. Setidaknya saya ingin membangunnya di daerah Besitang," kata Edy dalam keterangan tertulis Sabtu (21/4/2018).


Ia pun megungkap mengapa ingin membangunnya di daerah tersebut. Menurutnya, itu karena secara letak wilayah masyarakat di Langkat cukup jauh menjangkau Medan maupun Aceh yang memiliki universitas.

Edy menganggap pendidikan sebagai salah satu faktor utama suatu daerah dan negara menjadi maju. Ia mencontohkan Korea Selatan yang kemerdekaannya hanya berbeda hari dengan Indonesia, namun telah lebih maju dengan tingkat kenyamanan nomor satu. Ia mengatakan itu karena Korsel serius pada pendidikan.

Edy pun mengambil contoh negara tetangga Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Meski awalnya menuntut ilmu pada Indonesia namun ketiga negara itu kini jadi tujuan pendidikan masyarakat Indonesia.

"Dulu kita sibuk mengajari mereka. Sampai kita lupa untuk meningkatkan pendidikan rakyat kita sendiri. Termasuk juga di Provinsi Sumut ini. Bagaimana kita ingin jadikan rakyat kita pintar kalau anggaran untuk dana pendidikan saja minim. Kita harus tingkatkan anggaran itu," ujar Edy.


Pernyataan tersebut diungkap Edy saat menghadiri deklarasi sejumlah elemen masyarakat Sumut kepadanya hari ini.

Hadir dalam deklarasi tersebut di antaranya Ketua AKSI Sumut Hasan Simatupang, Ketua AKSI Langkat Ahmad Senang, Sekretaris Karang Taruna Langkat, Yadi Syahputra, dan Koordinator Tagana Langkat M Ahyan.

Sedangkan elemen masyarakat yang mendeklarasikan dukungannya adalah Asosiasi Kontraktor Seluruh Indonesia (AKSI) Kabupaten Langkat, Presidium Mahasiswa Kabupaten Langkat, Karang Taruna Langkat, Asosiasi Futsal Langkat, dan Tagana Kabupaten Langkat.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed