Syair Hari Kartini Retno Marsudi: Inspirasi Perempuan Negeri

Ray Jordan - detikNews
Sabtu, 21 Apr 2018 13:02 WIB
Foto: REUTERS/Kham
Foto: REUTERS/Kham
Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi ikut menghadiri peringatan Hari Kartini di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Retno memaknai Hari Kartini dengan meneladani semangat untuk memajukan Indonesia.

"Selamat merayakan Hari Kartini," kata Retno saat ditemui usai peringatan Hari Kartini bersama para istri menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Solidaritas Istri Era Kabinet Kerja (Oase KK) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (21/4/2018).


Bagi Retno, RA Kartini adalah inspirasi bagi perempuan untuk memajukan Indonesia. Dikatakan Retno, di masa hidupnya, RA Kartini memperjuangan hal-hal yang dianggap tabu dilakukan oleh perempuan.

"Dan tugas kita adalah melanjutkan mimpi dan cita-cita tersebut. Jadi mudah-mudahan inspirasi ini tetap hidup," katanya.

Dia juga mengajak para perempuan Indonesia untuk tetap maju mensejahterakan bangsa. "Perempuan Indonesia maju, maka Indonesia akan jaya," katanya.


Dalam kesempatan ini, Retno mengaku membuat tulisan khusus untuk Hari Kartini.

"Saya bacakan ya, bukan puisi, hanya tulisan sedikit," katanya.

Berikut bait yang dia bacakan:

Kartini adalah sebuah inspirasi

Inspirasi kemajuan anak perempuan negeri

Inspirasi untuk mengejar cita-cita dan mimpi

Perempuan Indonesia, jadilah motor penggerak kemajuan, jadilah penyulam perdamaian dan toleransi, jadilah penjuru bagi kebajikan, jadilah ibu bagi negeri ini

Selamat Hari Kartini (jor/gbr)