DetikNews
Sabtu 21 April 2018, 11:47 WIB

Begini Aksi Tahanan Perempuan Belajar Membatik di Hari Kartini

Ferdi Almunanda - detikNews
Begini Aksi Tahanan Perempuan Belajar Membatik di Hari Kartini Tahanan perempuan belajar membatik di Hari Kartini. (Ferdi/detikcom)
Jambi - Banyak cara memperingati Hari Kartini. Tahanan perempuan Lapas Kelas II B Muaro Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi, merayakan Hari Kartini dengan belajar membatik.

Ada 32 warga binaan perempuan yang antusias mengikuti kegiatan membatik dalam rangka menyambut Hari Kartini di aula lapas, Sabtu (21/4/2018). Program belajar membatik ini disokong CSR perusahaan pelat merah serta pemerintah daerah.


"Senang rasanya bisa menjalani proses belajar membatik ini di hari yang sangat berarti bagi kaum perempuan (Hari Kartini). Ini dapat membantu kami untuk kehidupan ke depannya," kata Megga Puji Lestari, warga binaan perempuan.

Megga terlihat bersungguh-sungguh mengikuti proses belajar membatik tulis khas Provinsi Jambi tersebut.


"Dulu sempat pernah menjalani proses belajar membatik ini pada masa SMA, namun itu sempat terhenti. Saya hanya berharap bisa hidup lebih baik lagi nantinya agar tidak kembali lagi di masa suram lalu," ujar Megga, yang menjalani masa hukuman 5 tahun penjara dalam kasus narkotika ini.

Kalapas Kelas II B Muaro Bulian, Susana Tri Agustin, mengatakan sangat senang melihat para warga binaan lapas perempuan dapat bisa berkreativitas selama menjalani proses pembinaan.

Ada 32 tahanan belajar membatik di  Lapas Klas II B Muaro Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi.Ada 32 tahanan belajar membatik di Lapas Kelas II B Muaro Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi. (Ferdi/detikcom)


"Dengan diberikan berbagai bahan baku pembuatan batik tulis serta guru ahli kerajinan tangan dari pemerintah daerah, semoga ini dapat menjadikan warga binaan bisa menekuni proses belajar membatik ini untuk bekal masa depan mereka ke depannya setelah proses pembinaan di dalam lapas," ujarnya.

Menurut dia, warga binaan lapas perempuan tersebut juga pernah menjalani berbagai kerajinan tangan, seperti merajut, dan hasil karyanya pernah ditampilkan dalam pameran di Jakarta.
(aan/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed