DetikNews
Jumat 20 April 2018, 16:02 WIB

Istri Lambaikan Tangan ke Pedagang Saat Pensiunan TNI AL Dibunuh

Zunita Amalia Putri - detikNews
Istri Lambaikan Tangan ke Pedagang Saat Pensiunan TNI AL Dibunuh Foto: Zunita/detikcom
Jakarta - Polisi menggelar rekonstruksi pembunuhan pensiunan TNI AL, Hunaidi (82), di kompleks TNI AL, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Total ada 24 adegan yang direka ulang tersangka Supriyanto (20) dalam proses rekonstruksi itu.

Rekonstruksi digelar langsung di tempat kejadian perkara (TKP) sekitar pukul 14.10 WIB. Supriyanto memperagakan adegan dari awal hingga akhir, sedangkan korban dan saksi istri korban diperankan oleh Polwan.

Total ada 24 adegan dalam rekonstruksi itu. Hanya, wartawan tidak diperbolehkan masuk ke rumah korban untuk menyaksikan reka ulang di dalam rumah.

[Gambas:Video 20detik]




Berdasarkan pantauan detikcom, adegan dimulai dari tersangka membuka pintu gerbang. Sebelum mengetuk pintu rumah korban, tersangka mengintip lewat pintu samping rumah korban.

Sejak di pintu samping, tersangka sudah memegang pisau. Hal itu tercatat dalam adegan ke-3, yang dilanjutkan dengan adegan mengetuk pintu.

Korban, yang saat itu sedang mengaji di ruang tengah, langsung membuka pintu. Terjadi percekcokan hingga tersangka mendorong pintu.

Sementara itu, proses rekonstruksi ketika korban dieksekusi tidak terpantau oleh wartawan. Sebab, wartawan tidak diperbolehkan masuk ke rumah.


Pada adegan ke-21, tersangka ke luar rumah. Dia keluar lewat pintu samping, lalu memanjat tembok di belakang rumah korban.

Pada adegan ke-23, digambarkan istri korban ke luar rumah. Dia berteriak meminta tolong ke tukang nasi goreng sambil menggerakkan tangan.

Rekonstruksi ini dikawal oleh sejumlah polisi bersenjata api. Sedangkan warga setempat beramai-ramai menyaksikan proses reka ulang tersebut.

"Kegiatan rekonstruksi ini untuk mensinkronkan keterangan pelaku yang ada dalam BAP dengan situasi di TKP dan barbuk, termasuk juga hasil visum korban," kata Kasat Reskrim Polres Jaksel AKBP Stefanus di lokasi, Jumat (20/4/2018).

Total ada 24 adegan dalam rekonstruksi yang diperankan tersangka. "Ini kita laksanakan mengambil 24 adegan. Dalam pelaksanaan rekonstruksi, kita dibantu oleh rekan-rekan dari Pomal dan Kapolsek dan proses ini dalam tahap penyelidikan dan melengkapi berkas acara," sambungnya.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed