DetikNews
Jumat 20 April 2018, 15:00 WIB

Amien Rais Tak Perhitungkan Gatot, Aher, dan TGB di Pilpres 2019

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Amien Rais Tak Perhitungkan Gatot, Aher, dan TGB di Pilpres 2019 Amien Rais (Usman Hadi/detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais meyakini 'pertandingan' Joko Widodo dengan Prabowo Subianto akan kembali terjadi di Pilpres 2019. Dia tak terlalu memperhitungkan tokoh-tokoh yang masuk bursa capres/cawapres.

"Jadi, soal cawapres ini, menurut saya Pak Prabowo itu pasti maju. Berarti saya yakin akan ada rematch ya," ungkap Amien di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Amien lebih meyakini Pilpres 2019 akan mengulang Pilpres 2014 dengan calon Jokowi dan Prabowo. Dia tak yakin eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo dan Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi, yang ramai disebut sebagai kandidat capres alternatif, bisa maju Pilpres 2019.

[Gambas:Video 20detik]




Bahkan Amien juga meragukan nama dari elite-elite PKS, seperti Ahmad Heryawan (Aher) dan Hidayat Nur Wahid (HNW), yang disebut menjadi kandidat cawapres Ketum Gerindra Prabowo Subianto. PAN sendiri diketahui sebagai sekutu Gerindra dan PKS.

"Memang ada Pak Gatot, TGB, ada Aher, ada HNW, dan lain-lain, itu yang pencapresan ya. Tapi yang masuk akal memang Pak Jokowi. Sekarang ini memang yang dekat ke Pak Jokowi (pesaing) masih Mas Prabowo," tutur Amien.

PAN diketahui mengajukan nama sang ketum, Zulkifli Hasan, sebagai cawapres Prabowo. Namun PKS juga mengajukan nama elitenya. Gerindra sendiri belum memutuskan soal cawapres bagi eks Danjen Kopassus itu.


Di sisi lain, Demokrat hingga saat ini masih berusaha mewujudkan agar poros ketiga di Pilpres 2019 terbentuk. Ini agar ada capres alternatif selain Jokowi dan Prabowo. Amien memprediksi poros baru itu tidak akan terwujud.

"Poros ketiga itu hanya untuk membuat rame aja. Pasti head to head. Menurut saya akhirnya Pak Jokowi menghadapi Pak Prabowo, rematch," sebut eks Ketua MPR itu.


(elz/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed