DetikNews
Jumat 20 April 2018, 11:33 WIB

Sri Bintang Dicecar 8 Pertanyaan soal 'Islam Pura-pura'

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Sri Bintang Dicecar 8 Pertanyaan soal Islam Pura-pura Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Sri Bintang Pamungkas telah diperiksa penyidik Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan ujaran kebencian (hate speech) dan UU ITE soal ucapan 'Islam pura-pura'. Selama dua jam pemeriksaan, Sri Bintang dicecar 8 pertanyaan oleh penyidik.

"Kemarin sudah diperiksa ya, ada 8 pertanyaan selama kurun waktu 2 jam diperiksa. intinya yang bersangkutan kita klarifikasi, mintai keterangan terkait laporan dari pak Ipong," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Argo belum bisa memastikan agenda selanjutnya terkait kasus tersebut. Argo menambahkan, kasus itu masih dalam tahap penyelidikan.


"Belum (memeriksa saksi ahli) masih penyelidikan," imbuhnya.

Sri Bintang datang memenuhi panggilan penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada Kamis 19 April kemarin. Sri Bintang diperiksa atas laporan Ipong Kusuma Wijaya, terkait ucapannya soal 'Islam pura-pura' yang tersebar di media sosial.

Sebagai muslim keturunan Tionghoa, Ipong merasa tersinggung dengan ucapan Sri Bintang yang menyebut Cina islamnya pura-pura. Dalam video itu, Sri Bintang juga menyebut Presiden Jokowi juga islamnya pura-pura.

Sri Bintang sendiri membantah jika ucapannya itu mengandung unsur pidana. Dia juga tidak bermaksud untuk menghina presiden.


"Jokowi itu sudah saya singgung sejak lama. Bukan kemarin, tapi sejak lama, sejak pasal 134 136 dan 137 (KUHP) dicabut. Bahkan orang yang menghina Jokowi pun nggak apa-apa karena pasal itu dicabut," kata Sri Bintang kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Sri Bintang lalu mengungkit mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang melaporkan tudingan terhadap dirinya.

"Kalau dia merasa terhina, dia menggunakan pasal 310 (KUHP) seperti SBY merasa dihina Ma'arif siapa itu yang mengatakan bahwa 'SBY sebelum menikah dengan ini tapi menikah duluan'," lanjutnya.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed